Kalah dari Madura United, PSM Gagal Bermain di Championship Series

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MADURA-- Sang juara bertahan Liga 1, PSM Makassar harus legowo menerima kenyataan. Kalah 2-0 dari Madura United di Laga Pekan ke-32 Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Minggu, 21 April 2024, membuat kiprahnya untuk berlaga di laga
Championship Series Series tidak kesampaian.

Pasalnya, dipastikan posisi Skuad Laskar Ramang di klasemen sementara tidak bisa meraih 4 besar.

Saat ini, PSM Makassar baru mengoleksi poin 41 dari 32 partai yang telah dilakoninya. Kalau dihitung dari 2 partai sisa, meski disapu bersih dengan kemenangan namun hanya mampu mengoleksi maksimal 47 poin.

Tim Juku Eja akan kalah dari tim lainnya seperti Borneo FC yang sudah mengoleksi poin 70, Persib (59), Bali United (55), Madura United (53), Dewa United 50 poin.

Adapun dua gol Madura United pada laga ini diciptakan oleh Riyatno Abiyoso menit 21 dan Dalberto menit 39.

Pada duel ini, Juku Eja coba mengambil inisiatif serangan sejak wasit Naufal Adya meniup peluit tanda laga dimulai.

Dua menit awal PSM Makassar cukup agresif menekan jantung pertahanan Madura United. Hanya saja pertahanan tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu masih terlalu kokoh.

Memasuki menit ke-4, Madura United mulai bisa menetralisir serangan lawan, perlahan mulai mengkreasikan serangan.

Memasuki 10 menit dua tim silih ganti menyerang, menjadikan tempo permainan meningkat.

Terus menekan, Madura United akhirnya bisa membuka keunggulan melalui gol Riyatno Abiyoso menit 21.

Gol ini memanfaatkan umpan silang mendatar Malik Risaldi, Abiyoso yang berdiri bebas berhasil melepaskan tendangan keras tidak bisa dihalau   Reza Arya, kiper PSM Makassar, skor 1-0.

Unggul, Madura United semakin di atas angin. Mereka secara bergelombang melancarkan serangan ke pertahanan lawan.

Madura United nyaris menggandakan keunggulan, sayang sepakan keras Hugo Gomes menit 26 masih digagalkan Reza Arya

PSM Makassar yang terus ditekan bukan tanpa peluang. Nyaris bisa menyamakan kedudukan melalui heading Adilson menit 32, namun bisa digagalkan kiper Madura, Lucas Frigeri.

Madura United sempat berhasil menggetarkan gawang PSM Makassar menit 37 lewat sepakan Malik Risaldi, namun wasit menilai ia lebih dulu offside.

Dua menit setelahnya, yaitu di menit 39, akhirnya Madura United benar-benar bisa menggandakan keunggulan, kali ini melalui heading Dalberto.

Memanfaatkan umpan silang lambung Koko Aru, Dalberto yang memenangkan duel melepaskan heading akurat yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang lawan, skor 2-0.

Akhir babak pertama PSM Makassar coba mencari gol perkecil kedudukan. Namun serangan yang dibangun selalu kandas di tengah jalan.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama selesai, tidak ada gol tambahan, skor 2-0 untuk keunggulan Madura United menjadi hasil sementara.

Memasuki babak kedua, PSM Makassar mencoba melakukan tekanan. Namun serangan bergelombang yang terus dilakukan tidak membuahkan hasil. Beberapa peluang tim Juku Eja tidak dapat dikonversi menjadi gol. Begitu juga Madura United, tidak mampu menambah pundi-pundi golnya.

Sampai pluit panjang dibunyikan, PSM Makassar tetap kalah 2-0.

Akibat kekalahan ini, PSM Makassar masih tetap bercokol di posisi 11 Klasemen Sementara dengan poin 41 dari 32 partai yang dilakoninya. Sementara Madura United ke jalur Championship Series. Kini ia berada di posisi keempat klasemen sementara dengan poin 53 dari 32 partai yang dimainkannya. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Madura United (4-2-4)
Kiper: Lucas Frigeri
Belakang: Koko Ari, Fachruddin Aryanto (c), Cleberson, Novan Setya;
Tengah: Hugo Gomes, Jacob Mahler,
Depan: Malik Risaldi, Dalberto, Riyatno Abiyoso, Francisco Rivera;
Pelatih: Mauricio Souza

PSM Makassar (4-3-3)
Kiper: Reza Arya
Belakang: M Arfan (c), Yuran Fernandes, Syafrudin Tahar, Akbar Tanjung;
Tengah: Dzaky Asraf, Kenzo Nambu, Adilson;
Depan: Rizky Eka, Mansaray, Yance Sayuri
Pelatih: Bernando Tavares

  • Bagikan