PSM Pincang Saat Hadapi Madura United Sore Nanti, Dua Pilar Absen

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- PSM Makassar akan melakoni Liga 1 2023/2024 pekan ke-32 sore nanti, di Stadion Bangkalan, Minggu, 21 April 2024 mulai pukul 16.00 WITA.

Laskar Ramang tentunya diharapkan membawa pulang poin penuh. Harapannya, supaya bisa lolos ke Championship Series, meski butuh keajaiban.

Jelang laga ini sendiri, baik Madura United atau pun PSM Makassar sama-sama dalam keadaan yang baik usai kemenangan di pekan sebelumnya.

Madura United berhasil mematahkan dominasi klub pemuncak Liga 1 Borneo FC, di laga terakhirnya pada Rabu (17/4/2024), dengan skor 4-0.

Sementara PSM Makassar menunjukkan performa mumpuni dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-1.

Sayangnya, pada partai ini, Tim Juku Eja akan kehilangan dua pilarnya. Yah, PSM Makassar dipastikan akan tampil tanpa kekuatan terbaiknya karena adanya pemain yang absen.

Mereka adalah Yakob Sayuri dan sang bek tangguh Yuran Fernandes. Mereka sama-sama absen karena menjalani akumulasi kartu.

Yakob Sayuri tercatat telah mengantongi empat kartu kuning, sementara Yuran Fernandes memperoleh tujuh kartu kuning.

Absen Yakob Sayuri sendiri sepertinya akan ditutup dengan hadirnya Dzaky Asraf yang kembali dari Timnas Indonesia U-23. 

Sementara dengan kemungkinan absenya Yuran Fernandes, nama bek vetran Erwin Gutawa kemungkinan menjadi opsi. Atau sang pelatih Bernardo Tavares memainkan Akbar Tanjung sebagai stopper. 

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menilai pertandingan tandang bakal sulit. Laskar Sape Kerrab merupakan tim yang menghentikan rekor 19 laga beruntun tak terkalahkan Borneo FC.

"Saya kira lawan PSM adalah tim yang kuat. Mereka baru saja mengalahkan juara reguler series 4-0 Borneo," kata Bernardo Tavares pada sesi prematch konferensi pers, Sabtu, 20 April 2024.

Ia pun memprediksi pertandingan melawan Madura United akan berjalan sengit. Pelatih asal Portugal itu memuji jika tidak mudah menghadapi Fachruddin Arianto dkk.

Kendati memuji Madura United lawan yang kuat, Bernardo cukup percaya diri menatap laga ini. Dia menilai jika timnya memiliki masa persiapan yang lebih banyak dibandingkan lawan.

"Di pertandingan terakhir kita di Batakan, kita main sehari sebelum mereka (Madura United). Jadi artinya kita mempunyai waktu recovery sehari lebih banyak daripada mereka," terangnya.

Untuk sementara ini, Madura United ada di peringkat ke-4 klasemen dengan koleksi 50 poin. Posisi ini masih bisa digantikan beberapa tim lain seperti PSIS, Dewa United, bahkan Persik Kediri yang ada di bawahnya.

Sejauh ini Madura United telah merasakan 14 kali kalah, 8 kali seri, dan 9 kali kalah. Catatan lima laga terakhirnya cukup menarik, ada 2 kali menang, 2 kali seri, dan 1 kali kalah. 

Dalam jadwal BRI Liga 1 hari ini, Madura United jelas wajib menang untuk mengamankan tempat di Championship Series.

PSM Makassar sendiri, saat ini mengisi posisi ke-11 dengan koleksi hanya 41 poin. Sang juara bertahan ternyata tidak bisa berbicara banyak musim ini.

Sejauh ini, PSM baru bisa meraih 10 kemenangan, 11 kali hasil seri, dan 10 kali kalah. Catatan lima laga terakhirnya juga kurang meyakinkan, yaitu 2 menang, 1 seri, dan 2 kalah.

Meski aman dari degradasi, tapi PSM jelas tidak ingin mengakhiri musim ini di posisi terlalu rendah. (*/fjr/pp)

Prediksi Susunan Pemain

Madura United

(4-3-3): Lucas Frigeri; Koko Ari, Cleberson, Fahruddin, Novan Sasongko; Jacob Mahler, Hugo Gomes, Rivera; Malik Risaldi, Abiyoso, Dalberto.

Pelatih: Mauricio Souza

PSM Makassar 

(3-4-3): Reza Arya; Safrudin Tahar, Erwin Gutawa, Daffa Salman; Akbar Tanjung, M Arfan, Kenzo Nambu, Dzaky Asraf, Yance Sayuri; Victor Mansaray, Adilson Silva.

Pelatih: Bernardo Tavares

  • Bagikan