Indonesia Cukur Yordania 4-1, Lolos ke Babak Delapan Besar Piala Asia U-23

  • Bagikan

Pemain Timnas saat merayakan gol.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Akhirnya, Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak tiket ke babak delapan besar usai mengalahkan Yordania 4-1 pada laga Grup A Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan fantastis ini, berkat dua gol dari Marselino Ferdinan dan satu dari Witan Sulaiman, gol bunuh pertahanan Indonesia J. Hubner, dan gol Komang Teguh.

Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu, 21 April 2024, Indonesia bisa merepotkan Yordania. Sejumlah serangan bisa dilancarkan ke daerah lawan.

Di menit ke-21, serangan Indonesia akhirnya bisa membuahkan hasil. Rafael Struick dilanggar Amer Jamoush di kotak penalti, dan wasit Ammar Ashkanani menunjuk titik putih.

Marselino Ferdinan maju menjadi eksekutor, dan bisa mengecoh kiper Juaidi. Tendangannya ke pojok bawah kiri gawang Yordania tak bisa ditebak. Gol, Indonesia unggul skor 1-0. Gol inilah menjadi pemicu gol-gol selanjutnya yang mampu mencukur timnas Yordania.

Di menit ke-40, Witan Sulaeman menggandakan kedudukan. Mendapat sodoran Rizky Ridho, Witan melepaskan sepakan placing indah kaki kiri dan mengirim bola masuk ke gawang Yordania. Skor 2-0.

Memasuki babak kedua, Rizky Ridho cs, tidak mengendurkan serangan. Sementara timnas Yordania juga melakukan hal yang sama. Pertandingan pun berlangsung sengit.
Beberapa peluang tercipta dari keduanya namun tidak dapat membuahkan gol.

Nanti pada pada menit ke-69, kembali Merselino merobek gawang Yordania. Gol ini bermula dari umpan ciamik yang dilakukan pemain skuad Garuda Muda dan diselesaikan dengan sempurna Marselino lewat sontekan kakinya.

Unggul 3-0, permainan Timnas masih tidak kendor. Silih berganti serangan terjadi.

Suatu serangan terpola yang dilalukan tendangan yang hendak dihalau J Hubner justru mengarah ke gawang Ernando. Gol bunuh diri terjadi. Kedudukan pun menjadi 3-1 pada menit ke-79.

Tidak berselang lama, pada menit ke 86, Timnas Indonezia kembali menambah pundi-pundi golnya. Gol cantik ini, berkat lemparan ke dalam yang dilakukan Arhan Pratama. Lemparan spesialis dari Arhan, dimanfaatkan dengan sempurna oleh Komang Teguh. Gol! Kedudukan pun menjadi 4-1 untuk Indonesia.

Sampai pluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 4-1 untuk Skuad Garuda Muda.

Sementara itu, Qatar bermain imbang 0-0 dengan Australia.

Tuan rumah Qatar pun menjadi pemuncak klasemen dengan poin 7 disusul Indonesia 6 poin, Australia 2 dan Yordania hanya mengoleksi satu poin. (*/pp)

Susunan Pemain

Yordania: Juaidi, Ahmed Afaneh, Haj Ibrahim, Abushahab, Rasem Jamous, Abu Taha, Haitham, Darwish, Almaharmeh, Aldiabat, Kalbouneh

Indonesia: Ernando, Nathan Tjoe-A-On, Ferarri, Rizky Ridho, Fajar Fathurrahman, Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino, Witan, Rafael Struick

  • Bagikan