Jemaah Haji Palopo Tertua Usia 87 Tahun, Termuda 22 Tahun

  • Bagikan
Drs H Sirajuddin MA Kasi PHU Kemenag Palopo

Akhir Bulan Manasik Tingkat Kota

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Jadwal pemberangkatan jemaah calon haji telah ditetapkan pemerintah. Khusus untuk Embarkasi Makassar, di dalamnya masuk jemaah asal Luwu Raya, mulai diberangkatkan lebih awal yakni dari Kabupaten Luwu. Yakni pada 15 Mei mendatang, selanjutnya 17 Mei diterbangkan ke Tanah Suci.

Sedangkan jemaah asal Kota Palopo baru diberangkatkan ke Makassar 4 Mei dan terbang 6 Juni 2024.
Lantas siapa jemaah haji tertua dan termuda untuk musim haji tahun ini dari Palopo? Dijelaskan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Palop, Drs H Sirajuddin MA yang ditemui di ruang kerjanya, Senin, lalu, jemaah haji tertua Kota Palopo bernama Jalima binti Colen umur 87 Tahun dari Kec. Wara Selatan, dan jemaah haji termuda atas nama Abdul Rahman bin Padel usia 22 Tahun dari Kec. Bara.

Sambungnya, bagi jemaah haji tertua ini ada pendamping dari pihak keluarga. "Jadi pendamping jemaah lansia ini ditarik dari pendaftar haji tahun 2019 ke bawah," sebutnya.

Adapun penambahan kuota jemaah sebanyak 1 orang, jadi total sebanyak 111 orang jemaah akan diberangkatan dari Kota Palopo.

Lanjut H. Sirajuddin, untuk mematangkan persiapan jemaah, rencananya Kemenag Palopo akan melakukan manasik di tingkat kecamatan dan tingkat kota.
"Manasik haji tingkat kecamatan kita rencanakan bagi dua zona, untuk wilayah selatan kita pusatkan di aula kantor PHU Kemenag di Jl. Andi Tadda, sedangkan bagian utara kita pusatkan di aula Masjid Agung Palopo. Sedangkan Manasik tingkat kota rencana dilakukan pada akhir April nanti di Aula Gedung PHU Kemenag Palopo," ungkapnya.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat jika Calon Jamaah Haji (CJH) Lansia asal Sulsel tahun 2024 ini, 364 orang.
Kepala Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel, Iqbal Ismail menyampaikan hal itu, Minggu (21/4).

Ia melanjutkan, sebelumnya jumlah jamaah haji yang bakal berangkat itu sekitar 7.7.40 kuota. Namun pihak Kemenag Sulsel kembali mengajukan penambahan kuota keberangkatan 2024.

Ia merincikan, kuota murni Sulsel itu sebanyak 7.272 orang, lalu ada kuota tambahan sebanyak 468 dan ada pengalihan kuota provinsi luar sebanyak 53 orang jamaah. Jadi, total jamaah yang bakal berangkat sebanyak 7.793. (idr)

  • Bagikan