Bupati Basmin Turun Langsung Salurkan Bantuan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Sehari setelah kejadian, Bupati Luwu, Ahad pagi, kemarin, turun langsung melihat kondisi warganya yang terkena musibah angin puting beliung. Ditemani sejumlah kepala dinas, Bupati Luwu dua periode dengan mengendarai mobil double cabin Mitsubishi Triton Unlimited hitam dengan nopol B 45 MIN berkeliling menyalurkan bantuan.

Dimulai dari Desa Karang-karangan hingga ke Desa Raja.
“Ini saya serahkan dulu bantuan terpal untuk dipakai sementara. Soal kebutuhan logistik lainnya silakan berhubungan dengan kepala desa. Kita sudah drop semua di kantor desa,” kata Bupati Luwu sambil memegang lengan warga korban bencana di Desa Lengkong.

Kata Basmin, Pemerintah Kabupaten Luwu tidak lepas tangan. Bahkan akan membantu sampai rumah warga yang terdampak bencana dapat dibangun kembali.

“Kalau pakai dana sosial ini tidak bisa, sedikit. Jadi saya perintahkan Dinas Tarkim untuk mendata kerusakan, dan segera bangunkan kembali rumah warga yang terkena angin puting beliung,” perintah Basmin kepada Kadis Tarkim Luwu, Sofyan Thamrin di Desa Lengkong, kemarin.

Di Desa Raja, Bupati Luwu juga menyerahkan bantuan simbolis terpal kepada korban angin puting beliung, serta beberapa paket masker.
Oleh warga terdampak di Desa Raja, bahkan meminta agar rumahnya yang hancur ini dapat dibangunkan pondasi. Lantaran setiap pasang, air laut selalu masuk ke dalam rumah.

Permintaan ini lalu disetujui oleh Bupati Basmin, dengan memerintahkan Kadis Tarkim untuk mencatat usulan ini.
Hadir mendampingi Bupati Luwu dalam kunjungan tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rahman Mandaria, Kepala Dinas Sosial Masling, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Sofyan Thamrin, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Achmad Awwabin, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Muh. Rudi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Andi Iskandar, Camat Bua Muh. Satti Abdul Latief, dan Ketua Baznas Kab. Luwu Andi Agung Mas.

Sementara itu, menurut Sofyan Thamrin bantuan bagi rumah terdampak akan diberikan berdasarkan kategori kerusakan ringan, sedang maupun berat.

“Tim kami sementara proses pendataan. Untuk rumah terdampak dengan kondisi rusak berat akan kita bangunkan rumah,” terang Sofyan.

Buffer Stock

Terpisah di Makassar, bantuan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan pun telah disalurkan ke masyarakat pada Sabtu malam. Bantuan itu dibagikan oleh Dinsos Kabupaten Luwu.

Hal ini pun atas gerak cepat sesuai instruksi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman untuk mempersiapkan stok penyangga atau buffer stock Dinsos Provinsi di Kabupaten/Kota.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, bantuan Dinas Sosial Provinsi telah disalurkan ke masyarakat terdampak angin puting beliung di kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Dia menyampaikan rasa prihatin terhadap masyarakat yang rumahnya rusak, serta berharap bantuan tersebut dapat membantu masyarakat terdampak.

Ditambahkan Kadis Sosial Sulsel, Andi Irawan Bintang, “kami telah menyiapkan buffer stock di Kabupaten untuk antisipasi bencana di daerah. Namun kita tetap memantau dan siap memberikan tambahan bantuan logistik di daerah,” pungkasnya.(and/idr)

Korban Angin Puting Beliun di Kec. Bua

– Desa Karang-karangan : 4 Rumah
– Desa Lengkong : 21 Rumah
– Desa Raja : 20 Rumah

Kerugian ditaksi sekira Rp700 Jutaan

  • Bagikan