Bupati dan Kalapas Bicarakan Pembangunan Lapas di Luwu Timur

  • Bagikan

Bupati Luwu Timur H Budiman M.Pd, bersama Kalapas kelas II B Mapedeceng Luwu Utara, Agung Hartono, saat berada di Rujab Bupati Lutim, Jumat 14 Januari 2022. –akmal–

 

Bupati dan Kalapas Bicarakan Pembangunan Lapas di Luwu Timur

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI—- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Mapedeceng Luwu Utara, Agung Hartono, Jumat 14 Januari 2022 pagi berkunjung ke Luwu Timur.

Dalam kunjungannya, ia disambut hangat oleh Bupati Luwu Timur, H Budiman MPd di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati.

Kunjungan kali pertama ini selain untuk bersilaturahmi tapi juga membahas beberapa hal terkait narapidana dan rencana pembangunan Lapas di Luwu Timur.

Untuk diketahui, Agung Hartono adalah merupakan Kalapas Mapedeceng yang baru dengan menggantikan pejabat lama yakni Iskandar Djamil pada Desember 2021 lalu.

Dalam perbincangannya, kedua belah pihak membahas terkait penanganan Narapidana khususnya warga asal Luwu Timur yang menjalani masa hukuman di Lapas Mapedeceng Luwu Utara. Apalagi diketahui setengah isi tahanan di Lapas Mappedeceng merupakan warga asal Luwu Timur .

Maka dari itu pula Bupati Luwu Timur membayangkan betapa jauhnya jarak antara Lapas Mapadeceng dengan Luwu Timur. Sehingga yang menjadi beban, setiap kali mau menjalani sidang di Pengadilan Negeri Malili maka petugas lapas harus bolak balik membawa tahanan dengan jarak ratusan kilometer.

“Tentu dengan jarak yang jauh ini sangat rawan, bisa saja terjadi kecelakaan dijalan atau terjadi hal hal yang tidak kita inginkan terjadi selama dalam perjalanan menuju Lapas maupun ke Pengadilan Negeri Malili, jadi solusinya di Luwu Timur harus dibangun Lembaga Pemasyarakatan,” ujar Budiman.

Lanjut, “Sebenarnya kami sudah menyediakan lahannya Lima Hektar, mudah-mudahan pemerintah pusat secepatnya membangun Lapas di Luwu Timur ini,” tutur Budiman .

Sekadar diketahui, bupati menyebutkan, rencana pembangunan Lapas itu berada di wilayah Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, yang lokasinya tidak jauh dari Perumahan PNS.

Namun demikian hal ini masih ingin dikoordinasikan dengan DPRD Luwu Timur .
“Kita siap sediakan lahan, semakin cepat dibangun semakin baik, ini semata mata untuk mendekatkan pelayanan agar lebih maksimal,” terang Budiman. (akmal)

  • Bagikan