Goes to Campus, Siswa SMPIT dan SMAIT Ibnu Sina Palopo Kunjungan Belajar ke IAIN Palopo

  • Bagikan

PALOPO — Selain siswa diajarkan materi-materi pelajaran di dalam kelas atau sekolah, siswa juga dapat mendapatkan wawasan diluar lingkungan sekolah secara outdoor learning. Pada pembelajaran outdoor siswa di SMPIT dan SMAIT Ibnu Sina pun diajak untuk mengunjungi kampus demi melihat lebih jauh tentang suasana perkuliahan dan menggali informasi lebih banyak mengenai perguruan tinggi dan sistem perkuliahan didalamnya.

Dibawah program Fieldtrip, seluruh siswa dari kelas IX dan X dapat diperkenalkan dengan perguruan tinggi, hal ini dilakukan agar para siswa sudah memiliki gambaran perkuliahan yang akan diambilnya, kelak selepas lulus SMA.

Pada, 18 Januari 2022. Siswa SMPIT Ibnu Sina Palopo kelas IX dan siswa SMAIT Ibnu Sina Palopo kelas X, ditemani oleh beberapa guru, Kepala SMPIT dan SMAIT , serta Ketua Yayasan Amal Jariyah Ibnu Sina, Dr. Irmawati Thahir, ST., M.Pd. berkesempatan untuk mengunjungi satu-satunya kampus negeri di Kota Palopo, yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Siswa SMPIT dan SMAIT Ibnu Sina Palopo berjumlah 28 siswa, diterima dengan hangat oleh Dr. Muhaemin, MA sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta beberapa staf dan Dosen IAIN Palopo. Adapun penyambutan dan pemaparan informasi kampus secara umum dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 3, IAIN Palopo.

Kegiatan berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 13.30 WIB, disana siswa memperoleh informasi berbagai hal tentang IAIN Palopo, berkunjung ke beberapa gedung dan ruangan, perkenalan kegiatan lembaga kemahasiswaan dengan berkunjung langsung ke sekretariatan Pramuka, berkunjung ke perpustakaan untuk melihat suasana perpustakaan kampus, serta terakhir berkunjung ke gedung Fakultas Ekonomi dan Bisni Islam (FEBI).

Antusiasme siswa tergambar dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada penyampai informasi. Namun, karena waktu yang terbatas, tidak banyak pertanyaan yang dapat terjawab dengan tuntas, dan tidak semua siswa dapat melontarkan pertanyaan yang sudah disiapkan. Hanya ada tiga siswa dipilih untuk mengajukan pertanyaan seputar bagaimana cara memilih jurusan, pentingnya kuliah untuk masa depan, serta pertanyaan yang menggelitik yakni seputar demo yang dilakukan oleh mahasiswa.

Pertanyaan ini dijawab dengan baik oleh kakak-kakak mahasiswa yang diwakili Kakak dari lembaga Pramuka dan Kakak Duta FEBI. Begitupun Wakil Rektor 3, Dr. Muhaemin, MA menambahkan jawaban dari kakak-kakak mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa kuliah sangatlah berpengaruh terhadap masa depan kita, “Ada beberapa niat dalam menuntut ilmu yang harus kita ketahui. Pertama itu tujuan akhirat, kedua untuk kejayaan Islam, ketiga menghilangkan kebodohan dalam dirinya dan orang lain, keempat untuk membangun peradaban. Dan juga jika kita keluar untuk menuntut ilmu maka kita sedang melakukan jihad fisabilillah.” ungkap beliau.

Setelah penyambutan di Aula Rektor lantai 3 selesai, pukul 11.00 dipandu oleh panitia atau pihak kampus, study tour kemudian dilanjutkan ke perpustakaan kampus dan disambut dengan hangat oleh staf perpustakaan dan beberapa mahasiswa yang sedang berada di ruangan perpustakaan melakukan aktivitas membaca dan sebagian lagi mencari referensi untuk menyelesaikan tugas akhir. Setelah kujungan ke perpustakaan, kemudian terakhir dilanjutkan ke gedung Fakultas Ekonomi dan Bisni Islam (FEBI). Kemudian pukul 13.30 siswa kembali ke sekolah diantar oleh bus kampus IAIN Palopo.

Kegiatan kunjungan kampus ini, merupakan agenda pertama kali diadakan SMPIT dan SMAIT Ibnu Sina Palopo dibawah binaan program fieldtrip. Institut Agama Islam Negeri Palopo menjadi kampus pertama yang kami kunjungi. Dan diselah-selah kunjugan, panitia atau pihak kampus IAIN Palopo yang mendampingi memohon do’a agar dimudahkan dalam proses peralihan status dari IAIN menjadi UIN. Untuk itu, setiap sesi foto para siswa di minta untuk membuat isyarat tangan berbentuk “U”.

Kunjungan kampus yang dibimbing oleh beberapa guru SMPIT dan SMAIT Ibnu Sina Palopo ini, merupakan salah satu wujud komitmen sekolah untuk membantu dan mengarahkan siswa yang telah diamanahi para walimurid, dalam membimbing putra/putri mereka untuk memahami dunia perkuliahan dan mengajak untuk mau memilih kampus terbaik yang mereka minati.(rls/idr)

  • Bagikan