Golkar Siap, Gelora Sangat Siap

  • Bagikan

* Untuk Mendaftar Pemilu 2024 di KPU

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA— Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan draf peraturan tentang jadwal Pemilu 2024. Dimana, tahapan mulai 14 Juni 2022, pendaftaran Parpol 1-7 Agustus 2022, dan pemungutan Suara 14 Februari 2024.

Sejumlah partai politik telah mempersiapkan diri menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Seperti Partai Golkar yang merupakan partai pemenang Pemilu 2019 di Kota Palopo. Bahkan, Partai Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menyatakan sangat siap.

Ketua DPD Partai Golkar Palopo melalui Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Palopo, Taufan Rahman SE yang ditemui Palopo Pos Kantor Golkar Jl. Andi Djemma, Kamis, 27 Januari 2022 mengatakan, Golkar sudah siap menghadapi Pemilu 2024.

Struktur pengurus tingkat Pimpinan Kecamatan (Pincam) telah rampung semua pada sembilan kecamatan sejak Desember 2021. Semua sudah ada SK-nya. Kemudian struktur pengurus tingkat Pimpinan Kelurahan (Pimlur) sudah rampung 90 persen. ”Dari 48 kelurahan, masih ada empat atau lima Pimlur yang masih proses Musyawarah Kelurahan. Ini bulan diupayakan rampung semua,” kata Taufan.

Dalam kepengurusan pada semua tingkatan, Golkar memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Jumlah anggota minimal seribu orang, juga sudah dipersiapkan.

Lanjut Taufan, yang menguntungkan bagi Golkar serta parpol yang memenuhi parliamentary threshold (PT) 4 persen, tidak perlu lagi verifikasi faktual. ”Tinggal verifikasi administrasi saja,” terangnya.

Ketua Partai Gelora Indonesia, Budi Sada yang dikonfirmasi Palopo Pos secara terpisah, Kamis, 27 Januari 2022 kemarin, mengatakan, partai yang dipimpinnya sangat siap menghadapi Pemilu 2024 di Palopo. Bahkan, ia akan meminta ke KPU sebagai parpol pendaftar pertama yang akan diverifikasi, baik verifikasi administrasi maupun faktual.

”Hari ini saja, jika KPU sudah membuka pendaftaran, maka besoknya Partai Gelora Kota Palopo sangat siap untuk mendaftar sebagai peserta pemilu,” terangnya penuh semangat.

Itu karena, lanjut mantan Calon Wakil Wali Kota Palopo 2018 lalu ini, semua persyaratan yang diminta KPU, sudah terpenuhi. Struktur partai mulai dari tingkat kota, 9 kecamatan, dan 48 kelurahan sudah lengkap, termasuk surat pernyataannya.

Jumlah anggota sebanyak 2.572 orang terpenuhi. Dan syarat KTP/KTA 1/1.000 dari jumlah penduduk juga sudah siap. ”Seper seribu dari jumlah penduduk Palopo sebanyak 184.681 jiwa, yakni 184 lebih KTP dan KTA. Kita siapkan 350 – 500 KTA,” tandasnya. (ikh)

Parpol Peraih Kursi di DPRD Palopo

* Parpol Kursi

1. Golkar : 5 kursi
2. Nasdem : 3 kursi
3. Demokrat : 3 kursi
4. Gerindra : 3 kursi
5. PDIP : 3 kursi
6. PPP : 2 kursi
7. PKB : 2 kursi
8. PAN : 2 kursi
9. PKS : 1 kursi
10. Hanura : 1 kursi

* Parpol tak Lolos ke DPRD

1. Berkarya
2. Perindo
3. PSI
4. PBB
5. PKPI
6. Garuda

* Parpol Baru
1. Partai Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia
2. Partai Ummat
3. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)
4. Partai Buruh
5. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
6. Masyumi Reborn
7. Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai)

* Data Diolah dari Berbagai Sumber. (*)

  • Bagikan