H+4 Libur Lebaran Pengunjung Padati Obwis Buntu Burake, Retribusi Capai 100 Juta

  • Bagikan
epadatan wisatawan H+4 libur lebaran di objek wisata religi Patung Yesus Memberkati Buntu Burake di Kecamatan Makale, Tana Toraja, Jumat (6/5/2022).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kepadatan pengunjung terus terjadi di objek wisata religi Patung Yesus Memberkati di Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Hingga H+4 hari libur lebaran tercatat telah capai 10 ribu lebih wisatawan domestik telah berkunjung di destinasi wisata andalan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja itu.

Para wisatawan datang dari berbagai daerah di pulau Sulawesi, bahkan dari Jawa, dan Papua.

Sesuai data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemkab Tana Toraja, hingga Kamis (5/5/2022) kemarin, pengunjung sudah capai 10 ribu dalam waktu tiga hari sejak dimulai Selasa (3/5/2022) lalu.

Data pengunjung H+1 hari libur lebaran tercatat 3.150 wisatawan, H+2 total pengunjung 4.150 orang dan H+3 pengunjung sekitar empat ribuan.

Sementara pengunjung H+4 belum dapat ditotalkan, namun diperkirakan hingga siang hari ini, Jumat (6/5/2022) capai empat ribuan wisatawan.

“Kalau dikalkulasikan sudah sekitar Rp. 100 juta pendapatan hingga H+3 libur lebaran, karena karcis untuk dewasa itu Rp 10 ribu, sedangkan anak-anak dan mahasiswa Rp 5 ribu,” ucap Kabid Pajak dan Retribusi Bapenda Tana Toraja, Genos Payangan.

Genos mengungkapkan, setiap libur lebaran objek wisata Buntu Burake memang menjadi primadona wisatawan dari berbagai daerah di nusantara.

Selain adanya patung Yesus tertinggi di dunia dengan tinggi 45 meter, dari objek tersebut juga wisatawan dapat melihat Kota Makale secara keseluruhan.

“Yang pasti setiap libur hari raya, seperti natal dan Idul Fitri pasti ramai, tahun ini lebih ramai karena libur lebaran Idul Fitri panjang jadi bisa saja jumlah wisatawan bertambah, dan dipastikan puncaknya nanti di hari Minggu,” pungkas Genos.

Kepadatan pengunjung di objek wisata Buntu Burake terlihat adanya beberapa kendaraan membanjiri kawasan wisata, dan lokasi parkir penuh, sehingga wisatawan memilih untuk memarkir kendaraannya cukup jauh.

Wisatawan asal Kabupaten Sidrap, Wahyu mengaku memilih Toraja sebagai tempat menghabiskan waktu liburan dikarenakan mempunyai banyak pilihan tempat wisata.

“Banyak disini tempat liburan, kami telah rencanakan tempat wisata mau dikunjungi sebelum berangkat, salah satunya Buntu Burake karena disini sangat sejuk,” ungkap Wahyu. (risna)

  • Bagikan