Civitas IAIN Palopo Berduka, Dekan FEBI Dr Hj Ramlah Tutup Usia

  • Bagikan
Almarhumah semasa hidup. INT

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID -- Civitas akademika IAIN Palopo berduka. Pasalnya, salah satu petinggi kampus berpulang kerahmatullah.

Adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo, Dr Hj Ramlah Makkulasse, M.M. atau yang akrab disapa Opu Sa'na, dikabarkan meninggal dunia di kediamannya, Kamis malam 12 Mei 2022 sekira pukul 20.40 Wita.

Kabat tersebut disampaikan Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol M.Ag, tadi malam.

Sekadar informasi, almarhumah Dr Hj Ramlah adalah istri dari Prof Dr HM Said Machmud, Lc, mantan Ketua STAIN Palopo.

Dari informasi yang diperoleh Palopo Pos, jenazah almarhumah akan dimakamkan usai Salat Jumat, 13 Mei 2022 di perkuburan kompleks Pesantren Putra Datok Sulaiman, Balandai.

Di mata Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abd Pirol, sosok almarhumah adalah kakak. "Kami sama-sama terangkat CPNS dosen tahun 1994, sama-sama prajab, mengabdi sebagai dosen PNS dengan masa kerja 28 tahun. Beliau itu orangnya tegas, jika tidak sesuai menurutnya tidak segan disampaikan secara lugas, meski demikian orangnya pemurah, ramah, gampang berkomunikasi dengan siapa saja,"ujar Rektor IAIN Palopo dua periode, tadi malam.

Lanjut Prof Pirol, sesama pimpinan di IAIN, almarhumah salah seorang dekan punya komitmen dan tanggung jawab yang tinggi, fakultas yang dipimpin termasuk fakultas yang unggul.
"Di masa kepemimpinan beliau, memiliki peminat cukup tinggi, bahkan masa-masa perawatan, beliau terus melakukan koordinasi dengan pegawai, dosen dan rektorat.

Dalam hubungan sesama pimpinan beliau termasuk rekan sejawat yang loyal, dedikasi yang tinggi, serta disiplin kerja yang tinggi, serta aktif memberikan serta masukan pengembangan kampus, maupun pengambilan kebijakan. Kami tentunya merasa kehilangan sesorang pimpinan dan sejawat, salah satu figur terbaik yang dimiliki IAIN Palopo.


Berita duka ini juga mendapat respon dari Ketua PPP Palopo, H. Haidir Basir. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, kami sahabat dan keluarga serta handaitolan yang telah mengenal merasakan duka cita atas berpulngnya kerakhmatullah almarhumah IBU HJ RAMLAH MAPPILE  OPU SA'NA, Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini.


"Yakin dan percayalah bahwa Allah akan mempertemukan mereka kembali di Surga-Nya," ucapnya.

Ibu Hj Ramlah Mappile Opu Sana adalah pribadi yg ramah penuh kasih sayang. Terbayang kebaikanmu pada siapapun yang engkau sapa, kebeningan wajahmu seperti hatimu yang tulus memberi kesejukan bagi sahabat-sahabatmu, adik-adikmu, anak-anakmu, dan handaitolan di sekitarmu, sungguh kita sangat kehilanganmu, engkaulah sahabat terbaik yang takkan luput dari sanubari , selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu. Doa kami mengiringi kepergianmu
selamat jalan Opu yang baik hati. Alfatihah!(idr)

  • Bagikan