Polisi Bekali Pelajar SMKN 4 Tana Toraja Tentang Etika dan Moral Berlalulintas

  • Bagikan

Kasat Lantas Polres Tana Toraja, Iptu Adnan Leppang memberikan edukasi, pencerahan, dan pembinaan etika dan moral dalam berlalu lintas kepada para pelajar jurusan otomotif di SMKN 4 Tana Toraja, Kecamatan Makale saat apel, Rabu (18/5/2022) pagi. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tana Toraja menyasar para pelajar melalui program Goes To School, Polri Peduli Pelajar.

Inovasi itu dilakukan dalam rangka upaya memutus perilaku penggunaan knalpot bising dan antisipasi perilaku balap liar, serta upaya refresif, dan penindakan hukum kegiatan kepolisian di jalan raya.

Selain itu dilakukan pula edukasi sebagai wujud penanggulangan secara preemtif atau tindakan dengan menyasar langsung pelajar ke sekolah-sekolah.

Kasat Lantas Polres Tana Toraja, Iptu Adnan Leppang menyambangi SMKN 4 Tana Toraja, saat apel pagi dihadapan siswa-siswi memberi edukasi, pencerahan, dan pembinaan etika dan moral dalam berlalu lintas kepada para pelajar jurusan otomotif.

“Konsep dimulai sejak dini, artinya kalian (pelajar) akan menjadi pelaku UMKM, atau pemilik usaha bengkel teknisi, sejak dari sekarang kita bekali pemahaman kepada mereka terkait hal negatif dari knalpot bising, termasuk etika moralnya,” ujar Adnan, Rabu (18/5/2022).

Iptu Adnan Leppang berharap pelajar jurusan otomotif SMKN 4 Tana Toraja menjadi embrio pelaku usaha yang baik, pemilik bengkel yang peduli, teknisi handal yang memilki etika bermasyarakat.

“Ini keren, nanti kalian masih muda sudah memiliki usaha bengkel, teknisi, apalagi pemilik bengkel dan teknisi yang memiliki jiwa dan karakter serta mengutamakan keselamatan dan ketentraman orang lain,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Tana Toraja yang dikenal sosok ramah itu mengatakan, menyentuh moral dari pelajar tidak serta merta akan menunjukkan hasil yang signifikan.

Namun, dapat menjadi investasi moral jangka panjang, setidaknya dengan konsistensi dan komitmen kuat dari Polri Peduli Pelajar, Ia meyakini selangkah demi langkah maka harapan Kabupatem Tana Toraja bebas dari knalpot bising akan terwujud.

“Tana Toraja daerah tujuan wisata, mutlak keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, dan akan sering datang ke Tana Toraja jika kondisi kenyamanannya terjamin, mereka menginginkan kedamaian, bukan kebisingan, bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika knalpot bising tidak ditertibkan,” pungkas Adnan.

Program Police Goes To School, Polri Peduli Pelajar diagendakan akan menyentuh semua SMKN yang ada di wilayah Tana Toraja, yang diharapkan memberi kontribusi positif untuk masyarakat, khususnya para pelajar. (risna)

  • Bagikan