HMD Anak Desa Sosbang Keagamaan di Ponrang Selatan

  • Bagikan
Anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin saat melakukan Sosbang tema keagamaan di Kel. Pattedong, Kec. Ponrang Selatan, Kab. Luwu, Senin, 11 Juli 2022. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN, Dr H Husmaruddin SE MM dengan tagline "HMD Anak Desa" melaksanakan kegiatan Sosialisasi Nilai-Nilai Kebangsaan (Sosbang) dengan tema keagamaan di Kel. Pattedong, Kec. Ponrang Selatan, Kab. Luwu, Senin, 11 Juli 2022.

Kegiatan ini dihadiri unsur Muspika Kec. Ponrang Selatan, Kepala SMA/SMK, SMP, dan SD sederajat, Kepala Desa/Lurah dan BPD se Ponrang Selatan,. Juga hadir Ketua dan Pengurus Persamil, muballigh dan imam desa se Ponrang Selatan, serta tokoh masyarakat, tokoh pendidik, dan pemuda.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ustadz Mahyuddin SPdI dan Ketua Persamil Kec. Ponsel Ihsanuddin SAg.

Kegiatan Sosbang ini, menekankan pada bagaimana agar masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai kebangsaan, utamanya nilai keagamaan dalam diri dan kehidupan sehari agar dapat hidup rukun, serta senantiasa menjaga kebersamaan.

''Walaupun kita berbeda baik itu dari agama, suku, dan adat istiadat, namun kita ini adalah satu yaitu NKRI yang didasarkan oleh bhinneka tunggal ika,'' kata HMD pada kegiatan tersebut.

Dr H Husmaruddin foto bersama narasumber dan peserta Sosbang.
--ft: istimewa


Sementara Ihsanuddin dalam pemaparannya menjelaskan, bahwasanya saat ini bukan saatnya mempertentangkan masalah agama dengan Pancasila. Sebab hal ini merupakan suatu hal yang sudah final dan melalui proses panjang dari para pendiri bangsa.

Selain itu, realita saat banyak orang berteriak NKRI adalah harga mati tapi dia sendiri yang meruntuhkan. Salah satu contohnya pelaksanaan ibadah Iduladha yang berbeda. Banyak yang mencela orang yang melaksanakan Hari Raya Iduladha pada Sabtu, 9 Juli 2022 sehingga dianggap tidak taat pemerintah. ''Padahal hanya berbeda metode atau cara pandang dan titik start yang berbeda,'' ucap Ihsanuddin.

Sedangkan Ustadz Mahyuddin dalam ceramahnya menyampaikan bahwa dalam jiwa setiap orang sudah ada nilai-nilai kebangsaan. ''Sisa bagaimana kita mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sesuai dengan profesi yang kita tekuni,'' tandasnya. (ikh)

  • Bagikan