Mayoritas Bidan di Luwu Masih Jenjang Pendidikan D3

  • Bagikan
DR Minindar R Tangngary

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Ketua Dosen Terbang Kebidanan Indonesia, DR Minindar R Tangngary mengungkapkan, mayoritas bidan di Kabupaten Luwu masih jenjang pendidikan tingkat Diploma Tiga (D3).

''Karena itu, bidan perlu mangikuti pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan kompotensinya. Baik dari aspek knowledge, skill, dan attitude bidan,'' kata Doktor Indah --sapaan DR Minindar-- kepada Palopo Pos, Kamis, 28 Juli 2022.

Menurutnya, pendidikan kebidanan terdiri beberapa jenjang. Mulai dari D3, Starta Satu (S1) Kebidanan, S2 kebidanan, dan S3 Kebidanan. Saat ini pendidikan bidan untuk S1, sudah banyak dibuka oleh STIKES dan universitas di Indonesia. Baik itu jalur regular maupun jalur khusus. Sementara untuk jenjang S3 Kebidanan harus ditempuh di luar negeri.

"Dengan pendidikan bidan berkelanjutan diharapkan bidan dalam memberi pelayanan kebidanan bisa lebih profesional,'' jelasnya.

Untuk diketahui, Doktor Indah lahir di Luwu pada 4 Maret 1974. Anak ketiga dari empat bersaudara ini, merupakan alumni D3 Kebidanan Depkes Soetomo Surabaya tahun 2001. Kemudian melanjutkan Program D4 Kebidanan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung tahun 2004. Dan melanjutkan pendidikan S2 Kebidanan di Fakultas Kedokteran Universitas padjadjaran Bandung angkatan pertama. (ikh)

  • Bagikan