PUPR Prioritaskan Normalisasi Sungai

  • Bagikan

* Untuk Penanganan Banjir untuk Jalan Belimbing dan Jl. Haji Hasan

PALOPOPOS. CO. ID, TOMPOTIKKA-- Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR Kota Palopo, Ibnurus mengatakan bahwa keberadaan banjir yang sering dialami warga di wilayah Jl. Belimbing dan Jl. Haji Hasan, bukan terletak pada drainase. Melainkan, kata Ibnu, penanganannya harus difokuskan kepada normalisasi sungai.

"Di wilayah ini tidak perlu membutuhkan pembangunan drainase. Drainase di dua wilayah ini sudah cukup mendukung. Tapi, yang penting adalah penanganan sungai," katanya (27/8) lalu.

Meskipun perbaikan drainase dilakukan, akan tetapi penanganan sungai tidak dilakukan secara optimal tentunya tidak memberikan dampak dalam meminimalisir banjir. "Lebih logis kalau normalisasi terhadap suangai yang di sekitar dilakukan. Meskipun drainase itu bagus, tetapi pembuangan air dari drainase tidak maksimal maka akan sia-sia," katanya.

Oleh karena itu, tambah Ibnu justru yang terpenting adalah pemeliharaan terhadap drainase. Sehingga, masyarakat sangat dibutuhkan kesadaran untuk senantiasa menjaga stabilitas drainase yang ada di depan rumah. "Jadi, kita lebih baik normalisasi dilakukan. Kalau drainase mau dibangun saya rasa itu sudah cukup, khususnya di Jl. Belimbing dan Jl Haji Hasan," tandas Ibnu. (rul)

  • Bagikan