Penerbangan dan Pendaratan Perdana Rute Balikpapan-Toraja Sukses, Setiap Jumat dan Minggu

  • Bagikan

Pendaratan perdana pesawat Wings Air tipe ATR 72-600 rute Balikpapan-Tana Toraja di Bandara Udara Toraja, Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulsel, Jumat (7/10/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Penerbangan perdana rute Balikpapan, Kalimantan Timur - Tana Toraja, Sulawesi Selatan berjalan dengan lancar, Jumat (7/10/2022).

Pesawat Wings Air itu mendarat mulus di Bandara Udara Toraja di Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Pesawat tipe ATR 72-600 rute Balikpapan-Tana Toraja tersebut mengangkut 28 penumpang yang hendak ke Toraja.

Presiden Direktur Lion Air Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi ikut serta dalam penerbangan dan menyampaikan komitmennya bersama Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam membuka rute penerbangan baru di Toraja.

Yakni rute Balikpapan-Toraja, Toraja-Balikpapan yang akan dibuka dua kali seminggu yakni setiap hari Jumat dan Minggu.

“Adanya rute baru ini semoga akan menambah konektifitas Tana Toraja dengan Balikpapan, begitupun sebaliknya,” ujar Daniel.

Lanjut Capt. Daniel terkhusus bagi wisatawan domestik yang akan lebih mudah mengakses Toraja dengan waktu 50 menit untuk menikmati destinasi wisata menarik.

“Waktu perjalanan begitu lebih singkat dan cepat, tidak perlu lagi transit di Kota Makassar,” terangnya.

Penyambutan pendaratan dan penerbangan perdana di Bandara Udara Toraja disambut baik para pejabat Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara secara seremonial.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tana Toraja, Sulaiman Malia turut hadir mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung dibukanya rute baru di Toraja, sehingga sudah ada dua rute penerbangan yakni Toraja-Makassar, Toraja-Balikpapan dan sebaiknya.

“Pemkab Tana Toraja akan melakukan subsidi penerbangan (block sheet), jika penerbangan pulang pergi itu ada 80 penumpang itu tidak disubsidi, kalau kurang baru kita bayar,” ucap Sulaiman.

Diketahui Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan anggaran untuk subsidi penerbangan senilai Rp 2,3 Miliar yang diharapkan dapat memudahkan warga Toraja ke dan dari Balikpapan termasuk akses untuk menggeliatkan wisatawan ke Toraja.

Setelah penyambutan, kemudian dilanjutkan pesawat ATR 72-600 kembali terbang ke Balikpapan yang mengangkut 29 penumpang.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong ikut serta pada penerbangan tersebut dan menyampaikan sangat menyambut baik dibukanya rute baru.

“Saya akan ke Jakarta tapi transit dulu di Balikpapan, sekaligus bukti mendukung penerbangan perdana Toraja-Balikpapan,” ungkapnya.

Menurut Dedi Palimbong, adanya rute baru tersebut dipastikan akan mengembangkan konektifitas Toraja dengan daerah lain serta dapat mengembangkan sektor pariwisata di Tana Toraja dan Toraja Utara. (risna)

  • Bagikan