Wabup Suaib Mansur Apresiasi TNI Turut Serta Bangun Pedesaan pada Pembukaan TMMD ke-115 di Masamba

  • Bagikan

Wakil Bupati Suaib Mansur saat memukul Gong Pertanda dibukanya TMMD ke-115 tahun 2022 disaksikan Dandim 1403 Palopo, Wakapolres Lutra, Sekda Lutra, dan Kejaksaan Negeri Masamba, Selasa 11 Oktober 2022 di Taman Siswa Masamba. --junaidi rasyid--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA - Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur, bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-115 Tahun 2022 Kodim 1403 Palopo, yang dilaksanakan di Lapangan Taman Siswa Masamba, Selasa, 11 Oktober 2022.

Suaib Mansur dalam sambutannya mengatakan, kalau melihat jumlah kebutuhan masyarakat akan pembangunan, sangatlah tidak sebanding dengan kemampuan pemerintah untuk memenuhi semua, baik tenaga, waktu, maupun anggaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan dan partisipasi berbagai pihak termasuk TNI.

"TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan salah satu bentuk sinergitas antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat. Program ini dimaksudkan sebagai upaya percepatan pembangunan di daerah perdesaan dan sebagai langkah peningkatan pembangunan infrastruktur dalam rangka peningkatan infrastruktur masyarakat," kata Suaib.

Kegiatan yang dilaksanakan ini meliputi kegiatan fisik, berupa pembangunan bronjong di Desa Toradda dan Desa 0atila, pembangunan talud di Desa Mulyerejo, Desa Pince Pute, dan Desa Mario, serta pembangunan drainase di Desa Mekar Jaya.

Selain itu, juga dilaksanakan pembangunan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan pencegahan aksi terorisme, serta penyuluhan stunting, pengobatan dan sunnatan massal, yang dilaksanakan tanggal 10 Oktober sampai dengan 10 November 2022 atau selama satu bulan.

"Melalui kegiatan TMMD ini kita berharap agar TNI mampu mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa memiliki semangat gotong royong secara sukarela dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan," ujarnya.

Suaib juga berharap berharap agar sinergitas dan solidaritas antara TNI dan pemerintah daerah serta masyarakat tetap terjaga, dan hasil dari kegiatan TMMD ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Kemudian untuk camat dan kepala desa, Suaib berpesan agar senantiasa ikut berpartisipasi aktif, dengan mengambil peran sesuai kewenangan masing-masing.

Atas nama Pemda dan masyarakat Kabupaten Luwu Utara, Suaib memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada TNI. Khususnya Komandan Kodim 1403 Palopo, yang telah mencanangkan program TMMD ini di Kabupaten Luwu Utara, yang akan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Komandan Kodim 1403 Palopo Letkol Inf Apriadi Nidjo, S.M.,M.I.P mengatakan bahwa sebanyak 150 orang , terdiri dari kodim,Angkatan Laut , angkatan Udara, dan anggota TNI akan kita drop ke rumah rumah masyarakat. (junaidi rasyid)

  • Bagikan