Wow! Mo Salah Luar Biasa Saat The Reds Lumat Ranger FC 1-7

  • Bagikan
Mo Salah dan Diogo Jota (Twitter @OptaJoe)--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID-- OptaJoe mencatat sedikitnya ada 5 catatan rekor saat Liverpool bertandang ke markas Ranger FC, dalam matchday 4 Liga Champions 2022/2023, Kamis 13 Oktober 2022 dini hari Wita.

Diketahui, dalam pertandingan tersebut, Liverpool menang telak 1-7 atas tim tuan rumah Ranger FC. Atas kemenangan tersebut, Liverpool kini berada di peringkat 2 klasemen Grup A Liga Champions 2022/2023, dengan torehan 9 poin dari 4 pertandingan.

Liverpool berada di bawah tim Italia Napoli, yang mengoleksi 12 poin dari total 4 pertandingan Liga Champions musim ini.

Catatan rekor pertama adalah, Mohamed Salah, penyerang Liverpool berhasil melakukan hat-trick tercepat di Liga Champions.

Ia hanya membutuhkan waktu 6 menit dan 12 detik untuk menciptakan trigol pada pertandingan itu.

Diketahui Mo Salah sendiri bermain bukan dari menit awal. ia menggantikan Darwin Nunez pada menit ke-68.

Tujuh menit bermain, Mo Salah langsung mencetak gol pertamanya di menit ke-75. Bola umpan Elliott yang mengenai lawan jatuh kaki Salah dan dibawa mendekati gawang, sebelum menembak ke pojok kanan.

Gol kedua Mohamed Salah dicetak pada menit ke-80 dan gol ketiga semenit setelahnya yaitu di menit ke-81.

Itu adalah hat-trick tercepat di Liga Champions, mengalahkan Bafetimbi Gomis yang melakukannya dalam waktu delapan menit kala Lyon bertemu Dinamo Zagreb pada 2011.

Di posisi ketiga ada pemain tim Inggris lainnya, Mike Newell, yang menorehkannya untuk Blackburn Rovers pada 1995 dalam waktu sembilan menit.

Salah pun berhasil mencetak gol ke-38 selama memperkuat Liverpool di Liga Champions. Itu adalah rekor gol terbanyak yang dibuat pemain di sebuah klub Inggris.

Jadi sekali bikin hat-trick, Salah mencatatkan dua rekor sekaligus. Sebelumnya rekor itu dipegang Didier Drogba dan Sergio Aguero dengan 36 gol.

"Mo Salah telah mencetak hat-trick hanya dengan enam menit dan 12 detik antara gol pertama dan ketiganya, tercepat dalam sejarah Liga Champions UEFA. ," demikian tulis Opta dalam cuitannya, dilihat fin.co.id, Kamis 13 Oktober 2022.

Catatan rekor kedua yang ditulis OptaJoe yakni, hat-trick yang dilakukan Mo Salah, ketiganya merupakan hasil assist dari Diogo Jota.

Hal ini menurut Opta adalah hal yang langka, karena sebelumnya hanya ada Frank Ribery yang membantu 3 assist kepada Mario Gomez saat Bayern melawan Basel di Liga Champions pada Maret 2012.

"Diogo Jota memberikan assist untuk ketiga gol Mo Salah untuk Liverpool malam ini, pertama kalinya seorang pemain membantu hat-trick rekan setimnya di Liga Champions sejak Maret 2012, ketika Franck Ribery membantu tiga gol Mario Gomez untuk Bayern melawan Basel. Panjang gelombang," demikian tulis Opta.

Catatan rekor ketiga, menurut Opta yaitu Mohamed Salah berhasil mencetak hat-trick hanya dengan 9 sentuhan bola saja.

Dari catatan yang dimiliki Opta, sejak musim Liga Champions 2003/2004, tercipta 112 hat-trick. Namun dari kesemuanya, hanya Mo Salah yang berhasil mencetak gol dengan hanya 9 sentuhan saja. Sangat efisien menurut Opta.

"Karena Opta memiliki data sentuh penuh untuk @Liga Champions (2003-04), ada 112 hat-trick yang dicetak dalam kompetisi tersebut.@MoSalah Sembilan sentuhan malam ini melawan Rangers adalah yang paling sedikit dalam pertandingan dari 112 hat-trick itu. Efisiensi," demikian tulis Opta.

Catatan rekor keempat yang ditulis Opta dalam laga Ranger FC kontra Liverpool itu adalah, Roberto Firmino yang berhasil mencetak brace (2 gol) terbanyak di kompetisi Liga Champions UEFA.

Sejauh ini belum ada lagi pemain yang berhasil mencetak brace yang lebih banyak dari Bobby di kompetisi Liga Champions.

Namun jika pada semua kompetisi termasuk liga, masih ada Mo Salah yang juga pernah mencetak brace sebanyak 6 kali, di semua kompetisi.

"Roberto Firmino telah mencetak dua gol keenamnya di Liga Champions UEFA. Tidak ada pemain yang mencetak 2+ gol di lebih banyak pertandingan berbeda di kompetisi untuk Liverpool (Mo Salah juga 6)," ungkap Opta.

Terakhir, catatan rekor ke-5 yang ditulis Opta yakni belum ada pemain selain Roberto Firmino yang memberikan assist lebih banyak untuk Liverpool di Liga Champions UEFA sejauh ini. Hal itu kemudian menyetarakan Firmino dengan legenda-legenda Liverpool lainnya.

"Tidak ada pemain yang memberikan assist lebih banyak untuk Liverpool di Liga Champions UEFA selain Roberto Firmino (12, sejajar dengan Steven Gerrard dan James Milner). Cekatan," tulis OptaJoe.

Kemenangan Liverpool atas Rangers itu membuat The Reds kukuh di posisi kedua klasemen Grup A dengan sembilan poin, selisih tiga angka dari Napoli. Rangers tanpa kemenangan jadi juru kunci dengan 0 poin. (fin/pp)

  • Bagikan