Mardi Takwin: Kuasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  • Bagikan
Wakil Direktur PMDS, DR Mardi Takwin M.HI
  • Peringatan Hari Santri 2022, PMDS Gelar POSESA ke-1 se Tana Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Hari Santri 2022 akan diperingati pada 22 Oktober 2022. Berbagai cara mengisi Hari Santri yang mengusung tema ''Santri Berkarya, Indonesia Berprestasi''. Di Pesantren Modern Datok Sulaiman (PMDS) Palopo mengisi dengan Pekan Olahraga Seni Santri (POSESA) ke I se Tana Luwu.

Di Posesa ini ada berbagai macam kegiatan olahraga dan seni. Baik yang digelar PMDS bagian putra maupun PMDS bagan putri. Di PMDS putra, ada kegiatan pertandingan sepakbola, sepak takraw, dan tennis meja.
Sedangkan di bagian putri, ada bola volly, tennis meja, bulu tangkis, dan seni. ''Pesertanya dari berbagai daerah di Tana Luwu,'' ujar Wakil Direktur PMDS, DR Mardi Takwin M.HI, kepada Palopo Pos, Kamis 20 Oktober 2022.

Mardi Takwin saat ditemui di PMDS bagian putra bersama pimpinan kampus putri, H Arfah Syarifuddin, S.Pd, M.Pd didampingi pembina guru olahraga, Haeruddin, dan panitia pelaksana Posesa, Idil, yang juga alumni PMDS.

Lanjutnya, kegiatan ini dipusatkan di Pesantren Datok Sulaiman. Diikuti peserta dari pesantren Babussa'da di Bajo, Luwu, Madrasah Aliyah Rantebelu, MAN Palopo, Muhammadiyah Boarding School Palopo, Cenceng Nur (SPBU Purangi/Sampoddo).

Untuk puncak peringaan hari Santri jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022. Di pesantren putri nantinya, lanjut dia, pusat peringatan upacara hari santri. Kemudian puncak peringatan hari santri akan ditutup dengan jalan sehat Ahad 23 Oktober.

Apa makna dari peringatan santri 2022? Santri tidak hanya ahli ilmu agama. Akan tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun demikian, santri tidak melupakan tugas utamanya untuk menjaga agama. ''Agama sendiri memiliki tujuan utama yaitu untuk memuliakan manusia, bukan untuk merendahkan martabat kemanusiaan,'' papar ustad Takwin.

"Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusian atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk,'' tambahnya.

Dari peringatan ini, lanjut dia, santri ikut berperan dalam sejarah bangsa Indonesia. ''Sosok santri yang tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,'' tandasnya.
Ditambahkan Idil, panitia Posesa, kegiatan ini mulai digelar tanggal 17 Oktober sampai Sabtu 23 Oktober 2022.(ary)

  • Bagikan