Tournament Taekwondo Tingkat Nasional di Tana Toraja Target 5.000 Wisatawan

  • Bagikan

Konferensi pers Open Tournament Taekwondo se Indonesia melalui Passemba’ Toraya Mala’bi Cup Championship (PTMC) rangkaian event Lovely December 2022. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Open Tournament Taekwondo se Indonesia yang dikemas melalui Passemba’ Toraya Mala’bi Cup Championship (PTMC) akan digelar pada awal bulan Desember 2022 mendatang.

Diselenggarakan oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Taekwondo Tana Toraja yang telah didukung Pemkab Tana Toraja, Garda Muda JRM dan JRM Community.

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 1 sampai 25 November 2022, Technical Meeting 26 November 2022, dan pelaksanaan lomba tanggal 7 sampai 10 Desember 2022 yang dipusatkan di Gedung Tammuan Mali Makale.

Anggota Komisi X DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fraksi Partai Golkar, John Rende Mangontan (JRM) ditunjuk sebagai Ketua Panitia memaparkan PTMC 2022 telah dirapatkan bersama pemerintah daerah dan diagendakan sebagai rangkaian kegiatan pada event Lovely December yang akan dibuka bulan Desember 2022 mendatang.

JRM mengatakan, target peserta sebanyak 1.500 kontingen diantaranya 300 atlet lokal Toraja dan yang telah mendaftar berasal dari Indonesia bagian barat, timur, tengah dan utara yang rata-rata berstatus pelajar.

“Kami yakin ada dampak positif ke daerah, peserta hadir seribuan tapi ada keluarga dan pendamping hadir jadi dipastikan ada lima ribu orang ke Toraja sehingga pariwisata meningkat,” ujarnya, Minggu (13/11/2022).

Bukan hanya itu, kata JRM juga ekonomi daerah bergerak sehingga diharapkan Pemkab Tana Toraja merespon positif dan masyarakat memberi dukungan pada turnament taekwondo tingkat nasional tersebut.

“Toraja dikenal budaya dan keramahannya, pembukaan nanti ada parade peserta perlihatkan keunikan dengan memakai aksesoris khas Toraja serta atlet dan official taekwondo diantar ke destinasi wisata sehingga membantu UMKM,” terang John.

Sehingga dari kemanjaan peserta itu diharapkan agar bagaimana para kontingen dapat mempromosikan Toraja kedepan.

Kata JRM, penginapan di rumah warga disiapkan yang dibungkus dalam rangkaian sistem kekeluargaan yang menjunjung tinggi kebersamaan, dan bagi kontingen yang ingin tinggal di hotel juga dapat dibantu fasilitasi.

“Riwayat sejarah pasemba yang dikaitkan taekwondo nanti ada sinopsis disampaikan tokoh adat kepada para atlet bahwa taekwondo dicintai karena dulu dikenal passemba, sehingga prestasi dan budaya akan nyambung,” ungkapnya.

Menurut John, kabupaten Tana Toraja layak jadi daerah tujuan wisata dengan adanya keramahtamahan masyarakat dan berharap PTMC 2022 sebagai event nasional menjadi agenda tahunan dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi.

Terkait kepanitiaan yang melibatkan pelajar dari kaum milenial, mahasiswa dan pemuda Toraja, kata JRM bahwa milenial punya bakat sebagai penerus bangsa yang memiliki keterampilan yang dibentuk dan dibina serta dibimbing sehingga kedepan menjadi penerus.

Turut hadir pada konferensi pers Ketua Pengkab Taekwondo Tana Toraja, Caroline Mailang dan pengurus, Indra Batara yang menjelaskan event tahun 2022 ini adalah kedua kalinya digelar dan berharap baik dari sebelumnya.

Kategori diperlombakan yaitu Pra Cadet, Cadet, Junior dan Senior dengan merebutkan hadiah Juara 1 Rp. 15 juta, juara 2 Rp. 10 juta, juara 3 Rp, 7,5 juta serta biaya pembinaan dan piala. (risna)

  • Bagikan