Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan

  • Bagikan

--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Liburan ke luar kota menjadi mudah jika Anda sudah sering melakukannya. Semua persiapan mulai dari akomodasi penginapan hingga urusan transportasi Jackal Holidays.

Hal ini tentu berbeda apabila Anda melakukan liburan ke luar kota untuk pertama kali. Kebingungan pun terus melanda hingga membuat daftar perencanaan.

Daftar perencanaan liburan perlu disiapkan untuk menenangkan diri. Selain itu, menentukan prioritas kebutuhan menjadi lebih mudah disusun. Walaupun berencana bersenang-senang, jangan sampai mengabaikan persiapan sebelum liburan ke luar kota.

Persiapan Sebelum Liburan ke Luar Kota

Agar pengalaman pertama liburan ke luar kota tidak berakhir tragis, lakukanlah persiapan-persiapan berikut ini.

1.     Menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat

Jarak tempuh mempengaruhi kondisi fisik Anda. Makin jauh perjalanan, badan Anda akan semakin capek. Oleh sebab itu kebugaran menjadi hal penting disini.

Selalu cek kondis fisik kamu sebelum jadwal keberangkatan. Apabila dirasa perjalanan Anda akan memakan waktu lama, sebaiknya H-1 tidak melakukan  banyak aktivitas. Fokus mengistirahatkan badan agar tidak kecapekan keesokan harinya.

Sedia vitamin dapat menjadi opsi tambahan ketika sedang rekreasi. Jangan sampai waktu liburan Anda sia-sia dengan berbaring di kamar maupun rumah sakit.

2.     Menentukan destinasi kota untuk disinggahi

Hal mendasar untuk liburan adalah kota yang ingin dituju. Biasanya, pemilihan destinasi dimulai dari tempat wisata yang diincar atau rekomendasi seseorang.

Setelah itu, pelajari kultur dan kebiasaan yang ada di kota tersebut. Dan hal yang terpenting adalah bagaimana cara menuju kesana. Apa saja alat transportasi yang dapat menjangkau kota tersebut?

Tiket transportasi dan akomodasi pun tidak boleh luput dari perhatian. Tidak ada salah memesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari. Sebab, pemesanan tiket secara online menawarkan berbagai promo sampai diskon. Lumayan kan!

3.     Menerapkan protokol kesehatan

Demi menjaga kesehatan dan pencegahan virus corona, terapkan protokol kesehatan selama perjalanan jauh. Anda dapat melakukan swab test sebelum berangkat ke luar kota. Apabila sudah mendapatkan vaksin booster, hanya perlu mengenakan masker dan menjaga jarak.

Selalu mengikuti aturan terbaru terkait protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Bawalah masker tambahan dan hand sanitizer untuk berjaga-jaga.

4.     Siapkan makanan dan minuman selama perjalanan

Walau terdengar sepele namun menyediakan makanan dan minuman dapat menjadi penyelamat Anda selama di jalan. Seringkali perjalanan jauh menguras waktu dan tenaga yang menyebabkan kelaparan.

Membeli makanan di tempat adalah opsi pilihan. Namun tidak semua area menjual makanan sesuai selera Anda. Terutama jika memiliki keluhan terkait makanan tertentu. Untuk masalah itu, Anda bisa menyiapkan makanan dan minuman sebelum jadwal keberangkatan.

Membawa makanan sendiri membuat Anda memegang kendali penuh. Jenis makanan apa yang bisa dibawa, berapa kandungan gizi, dan yang terpenting adalah sudah terjamin kebersihannya.

5.     Sediakan obat-obatan pribadi atau yang dianjurkan dokter

Terkadang memiliki keluhan penyakit membuat Anda tidak bisa pergi berlibur ke luar kota. Padahal, hal tersebut masih bisa dilakukan tanpa perlu khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan obat-obatan pribadi.

Bagaimana jika Anda memiliki keluhan penyakit tertentu atau sedang masa pengobatan? Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran ataupun anjuran agar tidak mengganggu liburan. Anda dapat berkonsultasi langsung ke tempat praktek maupun secara online.

6.     Kuota internet dan pengisi daya

Perjalanan jauh seringkali menghabiskan daya baterai dan kuota internet. Duduk berjam-jam tentunya membosankan dan membuat Anda mencari hiburan melalui ponsel seperti menonton film streaming, bermain game, hingga menonton pertunjukan stand up comedy.

Disadari atau tidak, ponsel harus bekerja lebih ekstra untuk mencari sinyal dan terus menyala. Oleh sebab itu, baterai ponsel terasa boros ketika sedang bepergian keluar kota. Belum lagi masalah gangguan sinyal selama perjalanan.

Oleh sebab itu, persiapkan kuota internet sehari atau sebelum berangkat untuk berjaga-jaga. Apabila ponsel Anda sering boros baterai, bawalah power bank. Tak lupa membawa pengisi daya untuk pengisian setelah sampai di lokasi.

7.     Perlengkapan pribadi

Kebutuhan pribadi tidak perlu ditinggal begitu saja. Anda masih bisa memenuhi itu walaupun sedang berlibur di luar kota. Seringkali Anda dikenakan harga turis yang tentunya lebih mahal dari harga lokal.

Maka, bawalah perlengkapan pribadi yang bisa Anda bawa. Pilihlah mana barang yang harus dibawa sama perlengkapan yang dapat dibeli di manapun. Dengan ini, Anda tidak akan kerepotan di kemudian hari.

8.     Uang tunai

Walau transaksi sudah beralih ke digital, Anda tetap perlu menyediakan uang tunai. Sebab pada daerah tertentu masih memakai transaksi uang tunai. Terutama ketika mengunjungi pasar tradisional maupun tempat wisata hidden gem.

Hal ini dapat diantisipasi dengan mengambil uang tunai di ATM terdekat. Simpan uang tunai di dompet maupun tas gendong untuk memudahkan Anda ketika membeli sesuatu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum pergi liburan ke luar kota. Persiapkan liburan Anda dengan matang melalui Traveloka! (*/pp)

  • Bagikan