Prancis Tekuk Inggris 2-1, Ketemu Maroko di Semifinal Usai Buat Kejutan Singkirkan Portugal

  • Bagikan

Nampak pemain Prancis merayakan gol. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, QATAR-- Prancis akhirnya melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 usai menekuk Inggris 2-1. The Blues, julukan Timnas Prancis, akan meladeni Maroko yang sebelumnya secara mengejutkan mampu menghentikan laju Portugal di babak perempatfinal.

Bentrok Inggris vs Prancis di perempatfinal Piala Dunia 2022 digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu, 11 Desember 2022 dini hari Wita.

Prancis menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Aurelien Tchouameni.

Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-52 lewat penalti Harry Kane. Olivier Giroud kemudian mengembalikan keunggulan Prancis pada menit ke-78.

Inggris kembali mendapat penalti pada menit ke-82. Kali ini, eksekusi Harry Kane tak berbuah gol setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang Prancis.

Pada duel Prancis dan Inggris, sejak kick off, langsung melakukan serangan.

The Blues mendapatkan peluang pertama pada menit ke-11.

Hanya saja Ousmane Dembele yang melepaskan umpan dari sisi kanan dan diteruskan Olivier Giroud dengan sundulan, masih bisa diamankan Jordan Pickford.

Tapi, di menit ke-17, apa yang ditunggu-tunggu Prancis berbuah manis. Aurelien Tchouameni melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan bola mengarah ke pojok kiri bawah gawang tanpa bisa dijangkau Pickford.

Kebobolan 1-0, Inggris tidak mau ketinggalan. Mereka terus melakukan upaya untuk membalas gol.

Tiga Singa terus melancarkan tekanan dan kali ini giliran Harry Kane yang mendapat peluang. Tapi upaya Kane diblok Lloris.

Kane mendapat ruang di depan kotak penalti dan mencoba melepaskan tembakan. Bola sempat membentur pemain Prancis dan Lloris menepisnya.

Inggris terus mendominasi sejak kebobolan. Namun, mereka tak mampu membobol gawang Prancis sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Inggris langsung menyerang.

Luke Shaw memberikan bola kepada Jude Bellingham di depan kotak penalti dan pemain Borussia Dortmund itu melepaskan tembakan voli. Lloris masih bisa menepisnya.

Penetrasi yang terus dilakukan Inggris di awal babak kedua berbuah penalti pada menit ke-52. Bukayo Saka melakukan tusukan dari sisi kanan dan dijatuhkan oleh Tchouameni.

Tak ragu, wasit langsung menunjuk titik putih. Kane yang maju sebagai eksekutor melepaskan tembakan ke arah kiri dan mengecoh Lloris. Skor 1-1.

Kedudukan sama kuat, membuat Prancis mencoba untuk langsung mengejutkan Inggris.

Jules Kounde melepaskan umpan lambung ke Adrien Rabiot.

Punya ruang di depan kotak penalti Inggris, Rabiot melepaskan tembakan ke arah gawang. Tembakan mendatarnya itu memaksa Pickford melakukan penyelamatan.

Inggris mendapat tendangan bebas di sisi kanan dan Jordan Henderson mengirim bola ke kotak penalti. Harry Maguire cukup leluasa menanduk bola, tapi masih membentur tiang gawang.

Giroud nyaris membobol gawang Inggris pada menit ke-77. Theo Herandnez melepaskan umpan dari sisi kiri dan Dembele mengarahkan bola ke Giroud. Pickford menepis tendangan Giroud.

Hanya satu menit kemudian, Giroud benar-benar membobol gawang Inggris untuk mengembalikan keunggulan Prancis. Umpan silang Griezmann dari sisi kiri dituntaskan Giroud dengan sundulan.

Tertinggal, Inggris menaikkan tempo permainan. Sebuah permainan di area kotak penalti Prancis, membuahkan penalti pada menit ke-82

Wasit sempat mengecek VAR sebelum menunjuk titik putih dan menghukum Prancis atas pelanggaran Theo Hernandez kepada Mason Mount.

Kane yang kembali dipercaya mengeksekusi penalti, ternyata gagal. Tendangannya melayang di atas gawang.

Inggris sempat mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Prancis di akhir injury time.

Marcus Rashford menendang bola, tapi bola mendarat di atas jaring gawang Prancis.

Youssef En-Nesyri saat merayakan golnya ke gawang Portugal. --net--

Sementara itu, sebelummya, Maroko membuat kejutan luar biasa. Tim asal Benua Afrika ini mengubur impian Cristiano Ronaldo dkk menuju ke babak semi final.

Yah, Maroko berhasil lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Portugal lewat kemenangan tipis 1-0.

Duel Maroko vs Portugal berlangsung di Stadion Al Thumama, Sabtu, 10 Desember 2022 malam Wita. Youssef En-Nesyri menjadi penentu kemenangan Singa Atlas berkat golnya di akhir babak pertama.

Maroko mengakhiri pertandingan dengan 10 orang. Pemain pengganti Walid Cheddira harus meninggalkan area permainan lebih awal usai diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) di awal injury time.

Sampai pertandingan berakhir sekaligus memulangkan Portugal.

Maroko pun akan jumpa Prancis di semi final, Rabu, 15 Desember 2022 mendatang pukul 03.00 Wita. (*/net/pp)

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Grealish 90+8'), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Mount 79'), Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka (Sterling 79'), Harry Kane, Phil Foden (Rashford 85')

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Coman 80'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Susunan Pemain

MAROKO: Bounou, Saiss (Dari 57'), Hakimi, El Yamiq, Attiat-Allah, Ziyech, Amrabat, Amallah (Cheddira 65'), Ounahi, Boufal (Jabrane 82'), El-Neysri (Benoun 65')

PORTUGAL: Diogo Costa, Pepe, Raphael Guerreiro (Cancelo 51'), Ruben Dias, Diogo Dalot (Ricardo Horta 79'), Otavio (Vitinha 69'), Ruben Neves (Ronaldo 52'), Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos (Leao 69')

  • Bagikan