Rapat Harga TBS Sawit Memanas, Ketua DPRD Pukul Meja

  • Bagikan

Suasana rapat harga TBS sawit yang dipimpin sekda Lutra Armyadi di Pemda Lutra Rabu 14 Des 2022. --mahmuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Rapat harga Tandan Buah Segar (TBS) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara berlangsung panas. Ketua DPRD Luwu Utara, Drs Basir yang juga hadir dalam rapat itu marah lalu memukul meja lantaran pihak PKS hanya tiga yang hadir dalam rapat tersebut

Ketua DPRD Lutra itu juga berang lantaran PKS selalu tidak mengikuti harga kesepakatan yang ditetapkan pemerintah, atau melecehkan keputusan pemerintah. " Saya minta Rapat ini ditunda saja, karena tidak gunanya Rapat harga kalau semua PKS tidak hadir, " Tandas Basir dalam rapat itu Rabu 14 Desember 2022.

Sekertaris Daerah Sekda Luwu Utara, Ir Armyadi Rasid yang pimpin rapat harga mengaku malu melihat keputusan rapat setiap bulan tidak diindahkan oleh pihak PKS, Itulah sebabnya kata Armyadi dalam rapat rapat seperti kita juga harus mencari solusi dari persoalan sehingga apa penyebab sehingga PKS selalu melanggar atau tidak mengikuti harga yang disepakati .

" Kalau Pemda Luwu Utara sudah banyak yang kami lakukan, persuratan juga sudah menumpuk, termasuk teguren, makanya saya juga malu Hadir rapat Lalu keputusan itu tidak dilaksanakan, artinya rapat yang kita lakukan setiap bulan kesannya formalitas saja, makanya mulai saat ini kita minta konsistensi teman-teman PKS dalam mengikuti harga yang ditetapkan," Ucap Armyadi.

Ia juga meminta Kepala Dinas terkait mengevaluasi PKS yang bandel untuk kemudian diberikan Surat teguran. " Karena Kalau tidak patuh dengan harga penetapan, tidak ada gunanya rapat penetapan harga seperti ini," Sambungnya.

Rapat harga pagi itu diskor hingga sore, menunggu semua pimpin PKS hadir. Namun hingga sore hari semua pimpinan PKS juga tidak nampak hadir. Rapat penetapan dilanjutkan dan ketua Tim penetapan yang diwakili Kepala Bidang Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan Ir M Ikbal memutuskan harga TBS periode dua pekan kedepan diberlakukan harga bulan lalu yakni Rp 2215/kg TBS Sawit.

Selain Sekda Luwu Utara, Ir Armyadi, Ketua DPRD Lutra, Drs Basir, Kepala Bidang Perkebunan Diana TPHBun Provinsi Sulsel, Ir Muh Ikbal, juga dihadiri para Kadis atau mewakili di Lima Kabupaten sentra Sawit di Sulawesi Selatan. Hadir Pula perwakilan petani yakni Apksindo Provinsi Sulsel, Apksindo Luwu Utara, Luwu Timur. (mahmuddin)

  • Bagikan