PSM Makassar vs Madura United Malam Nanti, Ayo ke Puncak Klasemen Lagi!

  • Bagikan
Kapten PSM Makassar Wiljam Pluim akan memperkuat PSM pada partai melawan Madura United petang nanti. Nampak Wiljam Pluim dan Yance Sayuri. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Satu misi besar kembali diusung PSM Makassar saat menjajal Madura United.

Posisi puncak klasemen yang beberapa hari lalu dikudeta Bali United, kembali akan digenggamnya. Tentunya, Pasukan Ramang wajib memenangkan duel ini. Sehingga torehan positif tak pernah kalah di ajang Liga 1 2022/2023, terus terjadi.

Duel yang diperkirakan berjalan sengit antara PSM versus Madura United akan dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Kamis 15 Desember 2022 mulai pukul 19.15 Wita. Live di Indosiar.

Kedua tim, memang performa dari tiga partai sebelumnya tak sama. PSM Makassar mampu meraih tujuh poin (2 menang dan 1 seri). Sementara, Madura United dua kali kalah dan sekali menang. Madura United belum konsisten. Sementara PSM Makassar belum pernah terkalahkan selama Liga 1 bergulir.

PSM Makassar masih konsisten, walau tak bisa tampil dengan kekuatan terbaik. Sang pelatih, Bernardo Tavarez, mampu meracik tim dengan mengandalkan kolektivitas. Pelatih asal Portugal itu tak bergantung pada satu pemain tertentu.

Di kubu Madura United, performa mereka merosot usai menang tiga laga beruntun pada edisi Agustus hingga September. Lima laga terakhir, Madura United kebobolan 10 gol dan baru mencetak dua gol saja di BRI Liga 1.

PSM kini berada di posisi ke-2 klasemen BRI Liga 1 dengan 29 poin. Sedangkan, Madura United meraih 26 poin.

PSM Makassar butuh kemenangan di laga ini agar bisa menempel ketat atau bahkan menyalip Bali United di posisi puncak.

Karena apabila Bali United menang di laga lainnya menghadapi Borneo FC dan PSM kalah, maka mereka bukan saja menjauh dari posisi puncak tapi juga dapat digeser Madura United dari posisi kedua.

PSM Makassar masih harus tanpa pemain sayap andalannya, Yacob Sayuri yang sedang menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022.

Selain Yacob, Ramadhan Sananta dan Dzaky Asraf pun menjadi pemain-pemain PSM yang dipanggil pemusatan latihan oleh pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong di Bali.

Meskipun begitu, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares terbilang cukup cerdik dalam merotasi pemain di tengah padatnya jadwal BRI Liga 1 22/23.

Hal ini dapat dilihat dari komposisi skuad yang diturunkan PSM dalam tiga laga terakhir yang nyaris tidak ada perubahan berarti, alias selalu sama di setiap pertandingannya.

Pemain-pemain seperti Ricky Pratama, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, dan Victor Dethan merupakan nama-nama yang selalu menghiasi starting XI PSM Makassar sejak laga perdana melawan Persikabo 1973 pasca jeda kompetisi lalu.

Nama-nama tersebut kemungkinan akan tetap menjadi pilihan pelatih Bernardo Tavares sejak menit awal ketika menghadapi Madura United.

Di laga melawan PSM, Pelatih Madura United Fabio Lefundes sepertinya akan tetap mengandalkan Lulinha sebagai motor serangan walaupun ia selalu bermain full 90 menit di tiga laga terakhir.

Selain Lulinha, pemain andalan seperti Jaja juga tampaknya tetap akan menjadi pilihan utama untuk mengisi lini tengah Laskar Sapeh Kerrab.

Absennya bek Fachrudin Aryanto karena harus mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia membuat Fabio kemungkinan akan kembali menduetkan Cleberson dengan Kadek Raditya di posisi bek tengah. (*/net/pp)

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (3-4-3): Reza Arya Pratama; Safrudin Tahar, Agung Mannan, Yuran Fernandes; Victor Dethan, Yance Sayuri, M Arfan, Akbar Tanjung; Kenzo Nambu, Everton Nascimento, Wiljan Pluim

Pelatih: Bernardo Tavarez

Madura United (4-3-3): Rendy Oscario; Novan Sasongko, Cleberson, Kadek Raditya, Alex Vandjin; Bayu Gatra, Lee Yoo-joon, Hugo Gomes Jaja; Lulinha, Beto Goncalves, Haris Tuharea

Pelatih: Fabio Lefundes

Head to Head dan Performa

Madura United di BRI Liga 1 2022/2023

Head to Head
08/01/22 PSM 1 - 0 Madura United
12/09/21 Madura United 1 - 1 PSM
24/10/19 PSM 1 - 0 Madura United
07/07/19 Madura United 2 - 1 PSM

4 laga terakhir PSM Makassar

29/09/22 Persis Solo 1 - 1 PSM
05/12/22 PSM 2 - 0 Persikabo 1973
08/12/22 PSM 3 - 1 Persita
12/12/22 Bhayangkara 0 - 0 PSM

4 laga terakhir Madura United

01/10/22 Borneo 3 - 0 Madura United
05/12/22 Madura United 0 - 3 PSIS Semarang
08/12/22 PSS Sleman 0 - 1 Madura United
12/12/22 Madura United 1 - 3 Bali United

Jadwal dan Siaran Langsung

PSM Makassar vs Madura United

Stadion Maguwoharjo
Jadwal: Kamis, 15 Desember 2022
Pukul: 18.15 WIB
Siaran langsung: Indosiar
Live streaming: Vidio (***/net/pp)

  • Bagikan