PSM Telan Kekalahan Pertama dari MU, Terlempar ke Posisi 4 Klasemen Sementara

  • Bagikan

PEMAIN PSM Makassar saat bertanding lawan Madura United. PSM Kalah 1-0 pada partai ini. --nfjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SLEMAN-- Akhirnya trend tak pernah kalah, pecah. PSM Makassar pun harus pasrah menerima kekalahan pertamanya usai dibekuk Madura United 1-0 pada pekan ke-15 Liga 1 2022.

Yah, ini merupakan kekalahan pertama buat Juku Eja dalam kompetisi musim ini.

Akibat kekalahan ini sekaligus membuat Juku Eja digeser ke peringkat ke-4 dengan 29 poin.

Sementara Laskar Sape Kerrab naik ke posisi ke-3, juga dengan 29 angka. Sebab Liga 1 menggunakan ketentuan head-to-head sehingga Madura ungguli PSM meski perolehan poin mereka serupa.

Saat ini, Borneo FC menduduki puncak klasemen disusul Bali United posisi 2 dengan poin sama 30.

Hanya saja PSM diunggulkan tersisa,satu partai yakni baru 14 kali bertanding sementara Borneo FC, Bali United, dan Madura United sudah melakoni pertandingan 15 kali.

Sebenarnya, PSM tampil luar biasa pada duel sengit ini. PSM yang menguasai bola sejak awal mencoba menghadirkan ancaman ke pertahanan Madura United, dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis, 15 (15/12/2022).

Melalui Muhammad Arfan, PSM melancarkan percobaan pertama ke gawang Madura United pada menit ke-4, tapi tapi masih meleset.

Sementara peluang pertama Madura United tercipta dari tendangan bebas pada menit ke-7. Namun umpan ke muka gawang tim Juku Eja berhasil diamankan dengan baik oleh kiper PSM Reza Pratama.

PSM mengancam dari serangan balik semenit kemudian. Kali ini masih gagal lagi, percobaan ke gawang yang dilakukan Ricky Pratama dapat ditepis kiper Madura Rendy Oscario.

Madura United memiliki peluang emas di menit ke-14 setelah Ronaldo Kwateh memenangkan duel dengan bek PSM di sisi kiri. Pemain muda itu berhasil menerobos ke kotak penalti, tapi tendangannya masih menyamping. Kwateh punya peluang lagi setelah menerima umpan panjang diagonal. Sayang tendangan pemain keturunan Liberia itu kali ini melambung tinggi.

Setelah berulang kali mencoba, United akhirnya berhasil unggul 1-0 pada injury time babak pertama. Gol Laskar Sape Kerrab diciptakan Lulinha setelah menyambut umpan dari Ronaldo Kwateh.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mencoba mengubah keadaan dengan memainkan Yance Sayuri, Everton Nascimento, dan Wiljan Pluim untuk menambah daya serang. PSM pun mulai tampil menyerang ke pertahanan Madura.

Peluang terbaik didapat Yance Sayuri yang melepaskan tendangan voli. Sayang tendangan saudara kembar Yacob Sayuri itu masih membentur tiang gawang.

Madura merespons dengan melakukan serangan balik. Lulinha nyaris menambah keunggulan Madura andai tendangan jarak jauhnya tak ditahan kiper.

Pemain asing PSM asal Jepang Kenzo Nambu punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Menerima umpan dari Wiljan Pluim, Kenzo Nambu melepaskan tendangan yang masih bisa ditangkap Reza Arya.

Usaha PSM untuk mencetak gol tidak tercapai. Sampai wasit membunyikan pluit panjang tanda pertandingan usai, kedudukan 1-0 untuk Madura United tetap bertahan. (*/net/pp)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1

  • Bagikan