Wali Kota Minta Lomba Paduan Suara Antardaerah Digelar di Palopo

  • Bagikan
Walikota Palopo dan Ketua Umum PD PMTI Kota Palopo Foto bersama tamu undangan lainnya.

Disampaikan pada Perayaan Natal PD PMTI Palopo di SCC

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sebagai wujud kebersamaan Pengurus Derah Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PD PMTI) Kota Palopo, melaksanakan perayaan Natal pertama yang dihadiri Walikota Palopo Drs HM Judas Amir MH beserta Unsur Forkopimda di Gedung Saodenrae Convention Center (SCC), Senin 9 Januari 2023.

Mengusung Tema “Maka pulanglah mereka ke negerinya melalui Jalan Lain” (Matius 2:12) Perayaan Natal Pengurus Derah Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PD PMTI) Kota Palopo di Gedung Saodenrae Convention Center (SCC), berlangsung semarak dan khidmat.

Ketua Umum PD PMTI Kota Palopo, David Somalinggi, ST dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perayaan Natal PMTI Kota Palopo malam ini, merupakan yang perdana setelah kami dilantik pada Agustus 2022 lalu, harapannya perayaan natal PD PMTI menjadi salah satu program setiap tahun untuk mempertemukan kita.

Lanjutnya mengatakan bahwasanya kami masyarakat Toraja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh warga Kota Palopo. “Toraya kan tapi to Palopo kan, mari kita senantiasa mengingat pesan leluhur kita 'Misa Kada Dipotuo Pantan Kada di Pomate' yang beri makna persatuan didalam arti sehati sepikir dan sejiwa," tutur David.

Dirinya juga menyampaikan PD PMTI Kota Palopo, sebagai salah satu organisasi kemasyarkatan selalu siap untuk mendukung program-program Pemerintah khususnya didalam kegiatan keutuhan dan kebersamaan di Kota Palopo.

"Sekadar infomasi bahwa Paduan suara PMTI Kota Palopo yang telah mengikuti lomba baik Magical Toraja maupun Festival Paduan Suara Natal Tahun 2022 di Toraja Utara beberapa waktu lalu berhasil meraih predikat juara I," jelasnya.

Di sela-sela acara seremoni disuguhkan penampilan paduan suara PMTI Kota Palopo dan hiburan suguhan tari tradisional.
Sementara itu Wali Kota Palopo Judas Amir, menitipkan pesan kepada Pengurus Daerah PMTI Kota Palopo, agar Lomba Paduan Suara tingkat Kabupaten/Kota bisa juga dilaksanakan di Kota Palopo.

"Ini menjadi perenungan kita kalau selama ini lomba Paduan Suara dilaksanakan di mana-mana seharusnya di Palopo juga bisa dilaksanakan, sehingga orang dari Jogya dan daerah lain bisa hadir di sini,"ujarnya.
Sekaitan dengan lomba Paduan Suara, Walikota meminta kepada Pengurus PMTI Kota Palopo agar memprogramkan Lomba Paduan Suara tingkat Kabupaten/Kota.

"Kalau bisa kita programkan tahun ini, itu bisa dilaksanakan menjelang 17 Agustus atau HUT Kota Palopo pada tanggal 2 Juli 2023," harap Wali Kota dua periode ini.

Lanjut Wali Kota mengharapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan sehingga orang-orang yang belum pernah ke Palopo bisa hadir di sini. Tentunya kemenangan paduan suara PMTI saat mengikuti lomba menjadi salah satu kebanggaan Kota Palopo membawa nama baik Kota Palopo itu sendiri.

“Yang paling penting kita harus menperlihatkan bahwa kita di Kota Palopo saling menghargai, berjalan semua dalam keragaman Republik Indonesia ini Palopo,” tandas Wali Kota Palopo.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD Palopo, Abdul Salam SH yang hadir bersama Walikota, berharap PMTI Kota Palopo ke depan semakin sukses meningkatkan keberagaman dan kebersamaan, bersatu padu menjaga kekompakan dan solidaritas sebagai warga di dalam organisasi. "Sukses buat PMTI, semoga dapat berkontribusi untuk kemajuan Palopo," ucap Abd Salam.

Kesempatan yang sama Camat Wara Barat, Beni Sumbung, SH mewakili panitia perayaan Natal PD PMTI Kota Palopo, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa terlaksana.

"Perayaan natal pada malam ini boleh terlaksana dengan baik berkat partisipasi dan dukungan dari semua pihak baik moril maupun materil," ungkap Beni Sumbung.

Nampak hadir dalam Perayaan Natal ini, Ketua PW PMTI Kalteng, Ir. Irbar Pairing Senobua, MT, Ketua PD PMTI Luwu Utara, Ir. Marthina Simon, M.Si, Ketua FKG Kota Palopo, Pdt. Yelfian Rumande, S.Th, Mantan Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt. Musa Salusu, M.Th, Ketua BPSW Tana Luwu, Pdt. Marthen Lamida, S.Th, beberapa Pendeta serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (man/idr)

  • Bagikan