PKS Polres Luwu Pengaturan Lalu lintas

  • Bagikan

Anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Polres Luwu Kamis, 13 Januari 2023 bertugas membantu polisi menertibkan arus lalu lintas didepan sekolah masing-masing. Kegiatan ini mengedukasi generasi muda Luwu agar memahami aturan serta disiplin dan berlalu lintas. --andrie islamuddin---

PALOPOPOS.CO ID, LUWU-- Usai dilantik tanggal 12 Desember 2022 lalu oleh Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H.,S.I.K.,M.Si, anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Polres Luwu angkatan IV telah rutin melaksanakan penugasan di masing-masing sekolah.

Kamis, 12 Januari 2023, PKS nampak bertugas melakukan pengaturan arus lalu lintas di depan SMAN 1 Luwu Kecamatan Belopa, Madrasah Aliah (MA) Sampano Kecamatan Larompong Selatan dan MAN Luwu Kecamatan Suli dan melakukan kontrol parkir di sekolah.

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H.,S.I.K.,M.Si mengungkapkan, pelaksanaan giat Pengaturan lalu lintas merupakan salah satu tugas pokok setiap anggota PKS dengan tetap didampingi oleh personel Satlantas Polres Luwu. 

"Selain pengaturan lalu lintas dan kontrol parkir, anggota PKS Polres Luwu juga memberikan imbauan Kamseltibcarlantas melalui microfon sekolah setiap jam istirahat serta peneguran langsung kepada siswa yang  melanggar tata tertib sekolah", ungkap Arisandi.

Diharapkan dengan bertugasnya anggota PKS Polres Luwu di masing-masing sekolah bisa membantu menjaga keselamatan siswa sekolah dalam hal penyebrangan jalan, pula semakin menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas seluruh siswa, serta mewujudkan sekolah yang aman, tertib dan disiplin.

Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang biasa ada di jenjang SMP maupun SMA. Salah satu tugas siswa yang ikut ekstrakurikuler PKS adalah membantu mengatur arus lalu lintas di lingkungan sekolah maupun jalan menuju ke sekolah. Bagi siswa yang punya cita-cita ingin menjadi polisi, bisa mencoba ikut ekstrakurikuler PKS ini di sekolah. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya ekstrakurikuler PKS ini? Melansir dari laman MTS Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu (30/1/2022) menjelaskan sejarah ekstrakurikuler PKS yang biasa dipilih para siswa ini.

Untuk diketahui, sejarah Patroli Keamanan Sekolah merupakan salahsatu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang sudah lama dilaksanakan di Indonesia, bahkan sejak tahun 1965. Dilihat dari tugasnya, keberadaan ekstrakurikuler PKS ini tidak jauh beda tugasnya dengan PJR (Patroli Jalan Raya) di satuan kepolisian. PKS penting dibentuk meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga security, keberadaan anggota PKS berperan dalam menanamkan kesadaran hukum dan peraturan berlalu lintas bagi generasi muda,agar dimasa yang akan datang mereka dapat memiliki disiplin juga sopan santun saat berlalu lintas dan menjadi pemakai jalan yang baik. (andrie islamuddin)

  • Bagikan