Sulsel Butuh Pabrik Pupuk

  • Bagikan
BACALON GUBERNUR SULSEL, Dr Ilham Arif Sirajuddin, foto bersama dengan kepala desa se Luwu Raya, di warkop Kampis, Senin 23 Januari 2023. IST

Untuk Atasi Kelangkaan Pupuk di Sulsel, IAS Silaturahmi dengan Kades se Tana Luwu di Warkop Kampis

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- DR Ir Ilham Sirajuddin, MM (IAS) silaturahmi dengan kepala desa se Luwu Raya, Senin 23 Januari 2023, di Warkop Kampis, Kota Palopo. Ibu dan pak desa senyum-senyum melihat dan mendengar pemaparan rencana masa depan jika memimpin Sulsel.

Senyum mereka makin terasa ketika mendengar adanya bantuan desa langsung jika Ilham Sirajuddin jadi gubernur Sulsel. Insya Allah. Belum lagi rencana pembangunan pabrik pupuk di Sulawesi Selatan. Mungkin masyarakat petani merasakan kelangkaan pupuk. Bukan karena pupuk tidak ada. Akan tetpi mungkin karena permainan.

Namun dengan adanya pabrik pupuk, itu akan teratasi. Apalagi bahan bakunya dari bio gas. Jadi, terkait pabrik pupuk. sangat bagus. Kepala desa senang dan gembira menyambut ide dan gagasan besar Ilham yang dikenal dengan tagline politik Gubernurku!.

"Insya Allah kalau kita ditakdirkan jadi gubernur. Ini akan teralisasi," ujar anak mantan Bupati dua periode ini.
Akan tetapi, lanjut dia, kalau tidak jadi lain soal lagi. "Tentu apa yang kita bicarakan hari menjadi tinggal cerita," lanjut balon yang bertagline Gubernurku Sulsel 2024.

Untuk itu, harap dia, ACO-sapaan akrabnya--berharap sangat dukungan dari kepala desa se Luwu Raya di Pilkada 2024 nanti. "Karena tanpa ada dukungan kita semua, saya tidak bisa berbuat apa-apa," ucapnya dengan nada penuh semangat.

Di hadapan kepala desa se Luwu Raya, ACO yang mengusung poros semangat baru Sulsel 2024, menyemangati para kepala desa untuk terus berbuat dan dekat dengan masyarakat. "Buat inovasi yang bisa dilihat dengan mata. Supaya masyarakat bisa bercerita keberhasilan kita semua," harapnya.

Seperti apa yang dilakukan selama menjabat wali kota Makassar 10 tahun, ia terus melakukan inovasi dalam pembangunan. Memberi kemudahan kepada investor untuk berinvestasi. Hal ini semua kemudian dapat mendongkrak PAD. "Karena esensi untuk menarik perhatian adalah bagaimana kekuatan mata, telinga, dan politik," ucap Ilham Sirajuddin.

Hal lain yang dikemukakan ACO adalah adanya perubahan warna di Pilkada 2024. Hal itu diakuinya. Kenapa demikian? "Karena itu bagian dinamika. Golkar ini adalah partai politik yang mengedepankan kekuatan masyarakat. Golkar begitu," tambahnya.

Dalam silaturahmi yang dipandu Samsu Alam, sejumlah kepala desa silih berganti memberikan pertanyaan dan arahan pula. Ada juga yang tampil memberikan dukungan politik untuk 2024.

Kepala desa dari Luwu Utara, misalnya, sangat mendukung program bantuan desa jika kelak IAS terpilih jadi gubernur. Namun demikian, ia menambahkan agar melihat pula regulasi yang sudah ada. "Program Pak ACO ini sangat bagus," ujarnya.

Begitu juga kepala desa dari Luwu dan Walmas. Mereka terang-terangan siap berada di barisan ACO di Pilkada Sulsel 2024. "Kami kemarin bersama Pak Ilham, sekarang kami tetap akan bersama. Walau sudah di partai lain," tandasnya.

Mereka sudah tahu persis karakter "Gubernurku" ini. Sejak menjabat wali kota Makassar 2 periode. Selalu welcome. Tidak pandang bulu. Rujabnya kala itu terbuka lebar. "ACO ji ini bos. Beliau sangat merakyat," tandas kepala desa dari Luwu.

Ummi, salah seorang kepala desa dari Luwu berharap kelak Aco tampil memimpin Sulsel tidak melupakan kepala desa. "Jangan lagi mau dekat pemilihan, baru dekat lagi dengan kepala desa," ujar dia.
"Semoga Pak Gubernurku ini tidak begitu. Kalau terpilih, tetap dekat dengan kepala desa," terangnya.

Mendengar semua uneg-uneg kepal desa, Dr Ilham Sirajuddin janji akan selalu dekat dengan kepala desa. "Kita tahu bahwa kepala desa adalah ujung tombak pemerintahan Sulsel. Janganli khawatir saya tetap akan dekat kepala desa," terang Ilham menjawab.

Tak hanya itu, pintu rujab nanti akannterbuka lebar untuk para kepala desa. "Makanya saya ada niat untuk membuat idcard untuk kepala desa," tandasnya. "Supaya apa. Nanti ke Satpol saya pesankan kalau ada yang bawa idcard khusus ini, buka pintu rujab," kata IAS dan disambut applaus.

Terakhir para kepala desa berdoa. Semoga Dr Ilham Sirajuddin yang sudah teruji keberpihakannya ke rakyat terpilih sebagai gubernur Sulsel di 2024. Amin!. (ary)

  • Bagikan