Tebing Gunung Sesean di Toraja Utara Longsor Timpa 6 Rumah Warga

  • Bagikan

Elis Bussang Warga korban longsor dan warga lainnya yang mengungsi di tetangganya. Sabtu,4 Januari 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID-- Tebing gunung Sesean di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung, Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara, Longsor meniimpa 6 rumah warga.

Kejadian longsor tersebut terjadi sekitar jam enam pagi , dan terjadi longsor tiga kali sebelum longsor besar terjadi menimpa rumah dan alang (lumbung) warga .

“Sebelum longsor diawali dengan bunyi letusan keras, sehingga kami keluar rumah, setelah bunyi letupan kedua, kayu dan batu disertai lumpur secara tiba-tiba datang dari atas tebing dan menimpa rumah serta lumbung yang ada disekitar lokasi, Terang Elis Bussang warga yang rumahnya rusak ditimpa batu akibat longsor.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi diwilayah perbukitan gunung sesean, membuat tebing setinggi 100 meter, yang berada di belakang pemukiman warga di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung, longsor hingga meluluh lantahkan tanaman padi dan permukiman warga.

Lumpur bercampur batu berukuran besar yang meluncur dari arah perbukitan, membuat 6 unit rumah warga dan satu lumbung padi rusak parah, mengakibatkan dua puluh kepala keluarga terpaksa mengamankan diri ke lokasi yang lebih aman.

Selain lumpur, batu, batang pohon dan bambu juga menimpa rumah hingga menutup akses jalan penghubung kecamatan, akibatnya sejumlah warga yang masih berada di daerah perbukitan saat ini terisolir, karena jalan utama yang biasa digunakan tertimbun material longsor.

“Warga yang rumahnya terkena dampak longsor pada menyelamatkan diri ke rumah kerabat terdekat, karena kami trauma dan takut terjadi longsor susulan, apalagi saat ini masih hujan terus, takutnya batu dan kayu yang masih ada diperbukitan longsor lagi. Ucap Elis dengan nada sedih.

Dari keterangan saksi mata menyebutkan, jika sebelum terjadi longsor terdengar dentuman keras yang menyerupai letusan disertai kepulan asap, sehingga membuat warga disekitar lokasi longsor panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari perlindungan.

Sementara saat ini warga yang rumahnya terkena dampak longsor mengungsi ketempat yang lebih aman, sebab lokasi terjadinya longsor saat ini masih terus diguyur hujan lebat.Sehinggah warga enggan tinggal dirumahnya.(albert tinus)

  • Bagikan