Akbar atau Taqwa, jadi Pendamping Bupati Budiman

  • Bagikan
CALON Wakil Bupati Luwu Timur nomor 1 Andi Akbar Leluasa dan calon Wabup Lutim nomor 2 Muhammad Taqwa Muller usai pencabutan nomor urut di DPRD Lutim, Senin 6 Februari 2023. Selanjutnya kedua calon akan dilakukan uji publik dan pemaparan visi-misi. KARIM/PALOPO POS

Panlih: Setelah Penepatan, Dilanjutkan Uji Publik dan Pemaparan Visi-Misi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Kabupaten Luwu Timur akhirnya akan memiliki Wakil Bupati hari ini. Akbar Leluasa atau Taqwa Muller yang terpilih. Kita tunggu hasil sidang Paripurna DPRD Luwu Timur, Selasa 7 Februari 2023 hari ini.
Sebagaimana, Senin 6 Februari 2023, kemarin, Panitia Pemilihan (Panlih) Cawabup di DPRD Luwu Timur melakukan tahapan pemilihan. Yaitu pencabutan nomor urut kedua calon Wakil Bupati Luwu Timur sisa masa jabatan 2021-2026.

Agenda itu dipimpin langsung Ketua DPRD Luwu Timur Aripin yang juga Ketua Panlih di Ruang Aspirasi DPRD Luwu Timur, Senin 6 Februari 2023.
Seperti diketahui, kedua calon Wabup tersebut sama–sama dari Partai Golkar, yaitu Andi Akbar Leluasa dan Muhammad Taqwa Muller.
Keduanya akan bersaing memperebutkan kursi Wakil bupati untuk mendampingi Bupati Budiman hingga periode 2021-2026 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin terlebih dahulu meminta kedua bacalon apakah sepakat urutan pencabutan nomor urut ini dilakukan sesuai nomor urut dari rekomendasi partai.
Dari hasil itu, pencabutan nomor urut itu akhirnya pertama dilakukan Taqwa Muller, lalu disusul oleh Andi Akbar Leluasa.

Secara serentak, kedua bakal calon di depan Panlih di DPRD Luwu Timur memperlihatkan nomor urutnya, Taqwa Muller mendapatkan nomor urut 2 dan Bakal Cawabup Andi Akbar Leluasa mendapatkan nomor urut 1.
Setelah pencabutan nomor urut, maka selanjutnya Panlih akan melakukan penetapan calon pada rapat Paripurna, yang akan dihelat pada Selasa hari ini (06/02/23).

"Saya ingatkan untuk efesiensi waktu, setelah Bamus pada jam 9 semoga bisa dilakukan penetapan calon dan pengumuman nomor urut," kata Aripin.

Sehingga Aripin, mengharapkan agar kedua bakal calon tidak meninggalkan daerah Kabupaten Luwu Timur.
"Karena setelah penetapan calon, maka akan dilanjutkan dengan uji publik, lalu dilanjutkan dengan pemaparan dan pemahaman Visi-Misi," ujar Aripin.

Bakal Calon Wabup Lutim nomor urut 1, Andi Akbar Leluasa mengatakan pada saat ini dirinya telah melakukan pertarungan, sehingga ia mengaku akan bertarung hingga akhir.

"Nanti apapun hasilnya kita serahkan ke Allah SWT, lalu pada uji publik kita akan mengikuti step by step dari Panlih," kata Akbar saat ditemui usai pencabutan nomor urut.

Sementara, Calon Wabup Lutim nomor urut 2, Taqwa Muller mengaku akan melanjutkan perjuangan almarhum kakaknya (Thoriq Husler). "Saya sebagai adik almarhum Thorig Husler, saya akan melanjutkan perjuangan almarhum," ujarnya.

Sementara, Sekertaris Panlih DPRD , Aswan Asis mengatakan, setelah ditetapkan nomor urut dan nama kedua calon Wakil Bupati Luwu Timur ini, akan melaporkan penetapan nama kedua calon ini ke Gubernur Sulsel.
"Setelah itu, baru dilakukan uji publik kemudian menyusul dua agenda lagi, yaitu paripurna penyampaian pemahaman terhadap visi-misi dengan paripurna pemilihan," kata Aswan.

"Jadi Untuk agenda kedua ini, nanti diketahui jadwalnya setelah Bamus DPRD. Intinya secepatnya," tambahnya.

Delapan Parpol Pengusung
Sekedar informasi, 2 kader Golkar ini akan bertarung berebut kursi Wakil Bupati Luwu Timur yang masih lowong. Dua kader tersebut adalah Muh Taqwa Muller dan Akbar Andi Leluasa.

Taqwa adalah adik kandung mantan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, Sementara Akbar pengurus di DPP Golkar, ia juga mantan Sekjen AMPI dan mantan caleg Golkar DPRD Sulsel dari Dapil 11 Luwu Raya.

Adapun kedua nama calon Wabup lutim itu disepakati oleh delapan ketua parpol untuk dicalonkan sebagai wakil bupati lewat voting.
Ini sesuai hasil pertemuan delapan ketua parpol pengusung di Hotel Swiss Bell Inn Makassar, Jumat (2/12/2022).

Ada delapan ketua partai pengusung Husler-Budiman yang hadir yaitu Aripin (Golkar), Usman Sadik (PAN), Andi Baharuddin (Gerindra). Kemudian Alpian (Hanura), Bupati Luwu Timur Budiman (PDIP), Sunawar Arisal (PKB), Muh Abduh (PBB) dan Suardi Ismail (PKS).

Sebelumnya, ada empat nama bakal calon yang mendaftar sebagai calon wakil bupati, yaitu Taqwa, Akbar, Usman Sadik dan Rully Heriawan.
Namun dalam voting delapan ketua parpol, Usman Sadik dan Rully Heriawan, kalah suara. Usman adalah ketua DPD PAN Luwu Timur, ia juga menjabat wakil ketua II DPRD Luwu Timur.

Sementara Rully adalah mantan Sekretaris DPC Hanura Luwu Timur, ia anggota DPRD Luwu Timur.(krm/idr)

  • Bagikan