Bisa Wujudkan Palopo Kota Modern

  • Bagikan
Santun dan ceria. Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang namanya sudah lama diwacanakan oleh teman-teman dan koleganya di Palopo sebagai balon wali kota Palopo bersama Asri Hasyim (kanan) di RM Malaja, lalu.Ft/Ary
  • Toleransi Holistik di Mata Mantan Komisioner KPU dan Panwaslu Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO --- Perang ide dan gagasan sudah saatnya. Diletupkan oleh para balon kepala daerah. Dari sekian banyak ide dan gagasan yang terlontar dari bakal calon wali kota Palopo 2024, baru ide dan gagasan Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang "nyangkut" di hati Hasri Hasyim, mantan komisioner KPU dan pernah di Panwaslu Kabupaten Luwu ini.
Dia mengaku diam-diam mengikuti perkembangan politik di Kota Palopo. Dimana para balon wali kotanya sudah mulai sibuk sosialisasi untuk merebut simpati rakyat.

Ia mengaku mengamati ide dan gagasan yang digaungkan Ir Irbar Pairing Senobua', MT yang disebutnya sangat khas dan memiliki daya memikat yang tinggi kalau ditelisik lebih dalam.

"Toleransi holistik selalu mengedepankan kekompakan dan kerjasama semua unsur. Terutama pengambil kebijakan dan keputusannya diambil karena kepentingan semu tanpa terkecuali," sebutnya.

Lanjut dia, di sebut holistik karena dikerja dengan pertimbangan yang paripurna dengan pelibatan semua pihak secara sinergitas.
"Kekompakan dan kerjasama adalah solusi yan ideal untuk Kota Palopo sekarang ini," tambahnya.

Ia mengaku yakin Palopo akan menjadi satu kota modern dan kota masa depan ketika pembangunannya menggunakan pendekatan toleransi holistik seperti bagaimana gagasan Irbar Pairing.

"Karena mulai dari perencanaan, penyusunan program, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring dan seterusnya selalu melibatkan para pihak yang terkait," terangnya. "Bahkan sampai pada proses endingnya sebuah pembangunan semua ikut mengawasi," urain dia saat makan siang bersama di RM Malaja, baru-baru ini.

Terlebih ketika merujuk pada semangat bija to Luwu sekarang ini untuk menjadikan Palopo menjadi ibu kota provinsi Luwu Raya. Untuk itu, imbuhnya, ia mengajak semua pihak untuk memulai sekarang melihat Palopo sebagai kota masa depan.

"Saya melihat ada tiga tipologi masyarakat Palopo. Pertama, adalah tipologi orang bawa, kedua adalah tipologi orang menengah dan ketiga adalah tipologi orang besar," sebut dia.

Nah, Palopo ideal dipimpin oleh orang yang termasuk pada tipologi nomor tiga. Orang yang tergolong tipologi ini adalah selalu mengedepankan ide, pikiran, gagasan, objektif dan sangat sedikit waktunya menjadi mubassir karena hanya bercerita tentang peristiwa demi peristiwa.

Terlebih istimewanya org tipologi ini karena menghindari waktunya, tenaganya dan otaknya untuk hanya bercerita tentang kejelekan orang lain. "Sudah pikir pak Irbar adalah termasuk Tipologi yang ketiga. Orangnya ikhlas, tenang dan sangat sederhana," tandasnya.

Sosok Irbar Pairing tidak arogan, tidak sombong dan tidak suka menceritakan kekurangan orang lain."Maju terussski pak Irbar," tandasnya menyemangati.

Memang, ide dan gagasan toleransi holistik yang Irbar gaungkan selalu mengedepankan kekompakan, kerjasama, dan kebersamaan.
Baik dalam hal penganggaran, pembangunan, dan pengambilan kebijakan sekalipun. (ary)

  • Bagikan