Luis Chandra: Bersatu Kita Mengabdi untuk Tana Luwu

  • Bagikan
YM Datu Luwu menyerahkan SK pengukuhan Pangngulu Ade' Tionghoa Ri Tana Luwu ke Luis Chandra. Nampak Luis Chandra dan keluarga besar foto bersama YM Datu Andi Maradang dan Opu Permaisuri, Sabtu malam 26 Februari 2023 di Kedatuan Luwu. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Pengukuhan Pangngulu Ade' Tionghoa Ri Tana Luwu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Yang Mulia Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau SH Opu To Bau mengukuhkan Luis Chandra sebagai Pangngulu Ade' Tionghoa Ri Tana Luwu di Istana Kedatuan, Sabtu malam 25 Februari 2023.

Pengukuhan Pangngulu Ade' dilakukan dalam suasana kental adat Kedatuan Luwu yang ditandai dengan pembacaan falsafah Kedatuan Luwu oleh Djemma Tongeng Andi Abdullah Sana Kaddiraja dilanjutkan dengan penyematan Tappi (keris) oleh Andi M Nur Palullu, lalu, penyematan pin Kedatuan dan pemberian Surat Keputusan YM Datu Luwu oleh YM Datu Luwu Andi Maradang Mackulau.

Acara pengukuhan dirangkaian dengan peringatan Isra Mi'raj Kedatuan Luwu, dan Haul ke-58 Andi Djemma.
Kepada Palopo Pos, Luis Chandra yang juga owner City Market Palopo mengungkapkan, terima kasih kepada YM Datu Luwu dan permaisuri atas pengukuhan ini. Dikatakannya, ini adalah kesempat juga dari masyarakat keturunan Tionghoa untuk dapat terus berbakti kepada Tana Luwu yang sudah dianggap seperti saudara. Untuk itu, kata Luis, kita akan terus bersatu, saling membantu selama-lamanya.

Adapun harapan setelah dikukuhkan, Luis berharap setelah pengukuhan ini masyarakat Tionghoa semakin diakui di Tana Luwu, dan untuk itu ia akan mengabdikan diri bagi kemajuan di Tana Luwu.
Sementara itu, YM Datu Luwu Andi Maradang Mackulau SH dalam titahnya mengungkapkan rasa bahagianya dengan kegiatan ini dirangkaukan Haul Andi Djemma.

YM Datu menegaskan kalau hubungan Kedatuan Luwu dengan keluarga dari Tionghoa sudah terjalin sangat lama. Bahkan sebelum negara ini ada, Sulsel ini ada. Dimana di dalam kitab Lagaligo, kita mengenal ada We Cudai, itu putri dari Tiongkok.
Lalu, Datu Luwu ke-4 juga pernah menikahi putri Majapahit yang berasal dari Tiongkok.

"Saya sebagai Datu menjalin kembali masa-masa indah itu. Kita tetapkan Pak Luis Chandra sebagai Panggulu Ade'. Artinya Ketua Adat Tionghoa Tana Luwu yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kedatuan Luwu," kata YM Datu yang juga sata ini disebut sebagai salah satu calon Anggota DPD RI dari Sulsel.

YM Datu berharap hubungan ini terus terbentang, mari bergandengan tangan, bersama-sama, bersatu.
Kepada Pak Luis sebagai pemimpin masyarakat Tionghoa di Tana Luwu, sering-seringlah menundukkan kepala ke bawah, jangan ke atas. Yang artinya sering-sering lah melihat warganya, apa yang kiranya bisa dibantu. "Ayo keluarga saya Tionghoa bergandengan tangan dengan saya menuju harapan lebih baik ke depan," pungkas YM Datu disambut tepuk tangan yang hadir.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Palopo, Dandim 1403 Palopo, Kajari Palopo (ketua panitia acara), Wakil Wali Kota Palopo, Dr Rahmat M Bandaso, Danyon Brimob Baebunta, segenap ibu-ibu BKMT Palopo, pengurus Yayasan Budhi Bakti Palopo, Pengurus PSMTI Palopo, Wasekum PSMTI Pusat Saiman Sutanto, Departemen Organisasi PSMTI Pusat, Ketua PSMTI Sulbar Oei Iming Wijaya, dan Ketua PSMTI Bulukumba Oscar Siady. Hadir juga Tokoh Tionghoa Siwie Honoris dari Modern Group. (idr)

  • Bagikan