UPT PSDA Pompengan Larona: Irigasi Kasambi akan Segera Diperbaiki

  • Bagikan

Kepala UPT PSDA wilayah Pompengan Larona, Nasrul bersama anggota DPRD Provinsi Andi Syaifuddin, dan aparat Kelurahan Bone Tua melihat kondisi Irigasi Kasambi Selasa 28 Feb 2023. --mahmuddin--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA--- Irigasi Kasambi yang rusak diterjang Banjir Bandang segera diperbaiki. Hal tersebut dikemukakan Kepala Unit Pelaksana Tugas Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT PSDA) Wilayah Sungai Pompengan Larona, Nasrul ST usai meninjau Irigasi Kasambi dan Kurri-kurri bersama Legislator Provinsi didampingi Lurah Bone Tua Risnal S Sos di Kelurahan Bone Tua Kec Masamba, Selasa 28 Februari 2023.

Nasrul menyebut setelah melihat kondisi lapangan pihak akan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Pompengan Jeneberang Direktorat Sumber Saya Air di Makassar.

"Setelah melihat kondisi lapangan, yang dibutuhkan sebagai bangunan darurat adalah berupa baja Aramco sekitar lima meter, untuk menyambung irigasi yang putus,'' jelas Nasrul.

Ia mengaku akan mengecek ketersediaan Aramco di Kantor Balai Besar Pompengan Jeneberang di Makassar.

"Semoga saja barangnya tersedia di Kantor Balai dan langsung kita kirim ke sini. Kalau ada, diperkirakan seminggu ke depan bisa rampung perbaikannya," tuturnya.

Menjawab pertanyaan wartawan PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, soal rencana rehabilitasi total Irigasi Kasambi dan kurri-kurri Nasrul menjelaskan bahwa anggarannya sudah tersedia, dimana tahun ini juga pekerjaannya akan dilaksanakan.

"Tahun ini juga ada kegiatan rehab," tuturnya.

Di tempat yang sama, legislator DPRD Sulsel berharap pekerjaan darurat secepatnya dilaksanakan, sebab petani padi di tiga desa yakni Bone Tua, Pandak dan Pombakka sudah sangat membutuhkan irigasi untuk mengairi sawah mereka yang sudah ditanami padi.

"Bola sudah saya serahhkan ke pihak Balai PSDA atau UPT, tinggal pihak Balai apakah masih mau digoreng atau langsung Gol, tapi saya berharap secepatnya dikerjakan," pungkas legislator PKS Andi Syaifuddin.(mahmuddin)

  • Bagikan