Buka Jalur Terisolir Soppeng-Barru via Takkalasi, Pemprov Gelontorkan Rp150 M

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID SOPPENG -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan kembali menggelontorkan anggaran besar untuk menyelesaikan ruas Takkalasi, yang merupakan jalur penghubung Kabupaten Soppeng-Barru. Pemprov akan menggelontorkan Rp73 miliar.


"Mari dukung dan doakan kelancaran pembangunannya. Tahun ini kita alokasikan Rp73 miliar," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Sabtu 25 Maret 2023.


Akses bypass Kabupaten Barru ke Kabupaten Soppeng ini dibangun secara bertahap. Hingga saat ini, jalur pembuka wilayah terisolir di Barru-Soppeng itu telah menghabiskan anggaran sekitar Rp150 miliar. Menurut Sudirman, jalur Takkalasi tak hanya membuka jalur terisolasi, tetapi juga telah memangkas jarak tempuh.


Dulunya, melalui Bulu Dua harus menempuh jarak sekitar 70 km. Namun, melalui ruas Takkalasi - Bainange - Lawo hanya menempuh 38 km. Ini mempersingkat perjalanan dari Barru ke Soppeng sekitar 30 km.


"Akses ini akan memangkas jarak tempuh sekitar 30 km, sekaligus membuka akses bagi wilayah terisolir," ujarnya.


Untuk tahun 2023 ini, dengan alokasi Rp 73,2 Miliar untuk menangani sepanjang 12,1 Km di wilayah Barru dan Soppeng. Update pembangunan jalan ruas Takkalasi - Bainange - Lawo, saat ini tengah progres pembukaan lahan.(int/idr)

  • Bagikan