Baharman Minta Pendemo Tahan Diri selama Ramadan, Sudah Lebaran Gaspool

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Anggota DPRD Palopo, Drs Baharman Supri MM angkat bicara terkait aksi demo di DPRD, Senin, 3 April 2023 lalu. Politisi Partai Golkar ini, minta para pendemo atau kelompok kritis (kontrol sosial) bersabar menunggu usai bulan puasa.

''Selama ramadan, tahan diri dulu (demo). Habil lebaran gaspool,'' kata Baharman kepada Palopo Pos, Selasa, 4 April 2023 kemarin.

Lanjut dia, kemarin (Senin) Baharman tidak menerima demo karena selaku manusia menjaga agar pahala puasa yang tidak bisa dinilai dengan materi, hilang hanya karena tidak dapat mengontrol emosi di tengah pendemo.

Semua pihak perlu menjaga suasana bulan ramadan, baik muslim maupun non muslim. Itulah yang dimaknai sebagai toleransi spiritual. Kampus juga diharapkan mampu mengintervensi pikiran mahasiswa agar menahan diri selama isu itu belum begitu genting untuk diaspirasikan.

Bulan ini adalah bulan dimana umat Islam yang beriman sedang bercinta dengan bulan ramadan dalam suasana tenang dan sabar. Adik mahasiswa juga perlu menyeleksi, mana yang bisa direspon di daerah dan mana yang cukup mereka yang ada di pusat kekuasaan saja.

''Sekali lagi tunggumi usai bulan puasa. Lakukan sepuasnya apakah terkait kebijakan pusat atau daerah. Karena sekarang ini kita sedang mengontrol apa kekurangan kita setahun sebelum bulan ramadan. Dan berharap Allah SWT mengampuni dosa-dosa itu. Hasibu an tuhasibu, hisaplah dirimu sebelum kau mwnghisap orang lain. Evaluasi diri kita sebelum kita mengevaluasi kekurangan orang lain,'' terang aktivis mahasiswa angkatan 1980-an ini.

Baharman yang sangat aktif berdakwa selama bulan ramadan, meminta kepada adik mahasiswa agar memanfaatkan bulan ramadan untuk memperbanyak amal kebaikan dan saling nasehat-menasehati dalam kebaikan.

Demo kemarin yang menimbulkan kerugian ratusan juta secara materi, jauh lebih kecil dari pada berapa banyak orang yang tidak mendapatkan pahala meski puasanya dapat. Kerugian besar meski belum disesali sekarang, tapi di akhirat nanti pasti menyesal karena kegagalan mengontrol diri yang dimaknai dengan istilah imzak sama dengan menahan.

Baharman menantang para aktivis Kota Palopo, usai ramadan identifikasi permasalahan terutama di tingkat lokal yang dianggap menyimpang, silahkan diaspirasikan tapi didukung dengan fakta dan data. Jangan hanya bersifat dugaan atau kecemburuan, apalagi fitnah belaka.

''Adapun kerugian akibat demo kemarin, mencapai ratusan juta. Kerusakan sound system, pagar, pintu paripurna, sejumlah kaca pecah, sistem jaringan yang rusak, juga kursi sidang, dan lainnya. Palu sidang juga hilang,'' katanya.

Dilansir sebelumnya, aksi damai menolak Perpu Cipta Kerja di DPRD Palopo berubah ricuh, Senin, 2 April 2023. Ratusan mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Peduli Negara (AMPUN), menjebol pagar DPRD, memecahkan kaca pintu ruang sidang paripurna, membanting meja, podium, dan lainnya. Mahasiswa juga memukul-mukul meja dewan menggunakan papan nama anggota dewan yang terbuat kayu. (ikh)

  • Bagikan