Pemkab Tator Apresiasi, Pos Basarnas Akan Didirikan di Rantelemo

  • Bagikan

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Dr. Djunaidi bertemu Wabup Zadrak Tombeg membahas pengadaan Pos Basarnas di ruang kerjanya Kecamatan Makale, Tana Toraja, Kamis (6/4/2023).

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Badan SAR Nasional (Basarnas) akan mendirikan Pos di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Hal ini disampaikan saat Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Dr. Djunaidi bertemu Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg di ruang kerjanya di Kecamatan Makale, Kamis (6/4/2023).

Wabup dr. Zadrak didampingi Kepala BPBD Tana Toraja, Yunus Sirante dan Ketua Komisi I DPRD Tana Toraja, Stepanus Maluangan.

Dr. Djunaidi mengatakan, Toraja pada umumnya memiliki potensi bencana alam yang tinggi karena kontur wilayah pegunungan.

Sehingga itu dinilai cukup penting untuk pendirian kantor SAR di Toraja yakni di Tana Toraja.

“Kami akan percepat pembangunannya, dan dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan potensi SAR,” ujarnya.

Lanjut Djunaidi, pelatihan dilakukan untuk menyiapkan tenaga SDM di Pos Basarnas Tana Toraja nantinya.

“Mungkin setelah Lebaran Idul Fitri ini kita akan melakukan pelatihan potensi SAR di Tana Toraja untuk menyiapkan kebutuhan SDM jika sudah resmi dibentuk,” pungkasnya.

Sementara, Wabup dr. Zadrak Tombeg mengaku menyambut baik pendirian Pos Basarnas di Tana Toraja dan menyatakan kesiapan pemerintah daerah sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Tidak bisa dipungkiri, wilayah Tana Toraja daerah rawan bencana dan rencana Basarnas Sulsel ini kita sangat apresiasi,” ucapnya.

Disampaikan Zadrak, pemerintah daerah bahkan telah menyiapkan kantor sementara untuk pengadaan Basarnas yang dianggap strategis sebab berada di wilayah perbatasan antara Tana Toraja dan Toraja Utara.

Tepatnya di eks kantor Dinas Perpustakaan Tana Toraja di Rantelemo, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara. (Risna)

  • Bagikan