Ditikam, Aktivis Tewas di Tangan Residivis Narkoba

  • Bagikan

Potret Awal Bangai semasa hidupnya. -ist--

Diawali Cekcok Soal Biaya Service Hp Hingga Penjualan Hp Korban

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Insiden penikaman telah merenggut nyawa seorang aktivis, Awal Bangai (42), terjadi di Jl Diponegoro, Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, sekira pukul 23.00 wita, Kamis 6 April 2023 lalu.

Mantan Sekretaris Yayasan Masyarakat Seko Bersatu (YMSB) dan pernah menjadi Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kota Palopo itu sempat dilarikan ke rumah sakit dr Palemmai Tandi, namun korban yang dikenal pandai bergaul itu menghembuskan nafas terakhirnya. Korban adalah warga Dusun Hoyane, Kelurahan Hoyane, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara.

Sementara pelaku penikaman bernama Hamka (45), warga Jl Diponegoro, Palopo. bukan sekali itu pelaku dan korban bertemu, namun keduanya sudah saling kenak sejak lama. Namun karena mereka terlibat masalah, penikaman akhirnya terjadi hingga berujung kematian. Dari catatan kriminal, pelaku (Hamka. Red) merupakan residivis kasus narkotika.

Informasi menyebutkan kronologis penikaman diduga dipicu masalah sepele. Dimana korban saat di Palopo menitip hp-nya lalu meminta kepada pelaku untuk di service. Setelah di service pelaku meminta kepada korban membayar biaya service sebesar Rp50 ribu tapi korban meminta kepada pelaku agar Hp-nya dijual saja.

Karena Hp merek Samsung J5 yang di service di Jakarta Celluler tidak laku dan lama tertinggal di counter membuat pelaku malu hingga menjual Hp itu kepada seseorang sebesar Rp50 ribu. Belakangan,
Kamis 6 April 2023 malam korban menelpon pelaku dan mempertanyakan HP miliknya yang diservice tapi keduanya terlibat pertengkaran.

Tak puas bertengkar lewat telpon, korban meminta untuk bertemu dengan pelaku. Korban mendatangi rumah pelaku sekira pukul 23.00 dan kembali bertengkar. Sampai akhirnya pertengkaran itu berujung penikaman. Pelaku masuk ke dalam rumahnya dan kembali menemui korban lalu menikamnya. Setelah 2 jam pasca kejadian korban akhirnya menyerahkan diri ke Polres Palopo.

"Untuk saat ini motif dan kronologisnya seperti itu. Pelaku sudah ditahan dan resmi tersangka. Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku maupun saksi-saksi. Dari hasil visum korban mengalami luka robek di dada dan lengan kiri," kata Kasi Humas Polres Palopo, AKP Supriadi, Jumat 7 April 2023. (himawan)

  • Bagikan