PSM Juara! Wiljam Pluim Pemain Terbaik

  • Bagikan

PSM Makassar menambah keunggulan menjadi 2-0 pada awal babak pertama melawan Borneo FC di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare. Dokumen Istimewa

Duo Sayuri Robek Gawang Borneo FC dan Tandukan Maut Pluim Bawa PSM Menang 3-0

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- PSM Juara. Penantian 23 tahun akhirnya digapai dengan perjuangan yang tidak kenal lelah.

Tidak hanya itu, Kapten PSM Makassar Wiljam Pluim menjadi pemain terbaik dan berhasil mendapatkan hadiah sebesar Rp150 juta.

Pada partai penutup Liga 1 antara PSM Makassar vs Borneo FC dimenangkan tuan rumah 3-0.

Duel yang  tersaji di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Minggu, 16 April 2023 ini, berlangsung ketat.

Pasukan Ramang berhasil mencetak dua gol di babak pertama melalui gol dua bersaudara kembar, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri.

Sang kapten Wiljan Pluim sukses menyelesaikan umpan matang dari Yance Sayuri melalui sepak pojok.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol ketiga PSM Makassar di laga kali ini, sekaligus mengantar PSM menang 3-0.

Pada awal babak pertama, tampak tim tamu Borneo FC lebih menguasai alur pertandingan dengan terus memberi tekanan ke area pertahanan PSM Makassar.

Namun, dari tekanan-tekanan yang diberikan belum ada berbuah satu pun peluang yang berbahaya. 

Pada menit keenam, Borneo FC berhasil mendapat peluang yang cukup baik, namun sepakan dari Terens Puhiri masih melebar di sisi kanan gawang Reza Arya Pratama.

Satu menit kemudian, PSM berbalik melakukan serangan lewat kerja sama apik antar pemain. Namun, umpan tarik yang dilakukan Yance Sayuri hanya berbuah sepak pojok.

Terus ditekan, PSM justru berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol tendangan bebas sudut sempit dari Yance Sayuri di menit ke-12.

Tertinggal satu gol, membuat Borneo FC mulai meningkatkan intesitas serangan.

Sesekali PSM Makassar masih mencoba menambah keunggulan mereka lewat kecepatan dari Yakob dan Yance Sayuri di kedua sisi penyerangan. 

Pada menit ke-20, Stefano Lillipaly mencoba peruntungannya dengan melepas tendangan spekulasi dari luar kotak pinalti.

Namun, sepakannya itu masih melambung jauh di atas gawang PSM Makassar. 

Pada menit ke-23 Borneo kembali mendapat peluang lewat sepakan dari Jonathan Bustos usai mengecoh satu pemain. Namun sepakan masih tepat berada di pelukan Reza Arya Pratama.

Tak butuh waktu lama, Stefano Lillipaly kembali mendapatkan peluang. Sepakan di dalam kotak pinalti sayang masih melebar di sisi kiri gawang. 

Beberapa kali Borneo FC mencoba melakukan upaya untuk menyamakan kedudukan. Namun kokohnya pertahanan PSM masih menjadi penghalang.

Matheus Pato kembali menciptakan peluang di menit ke-27, tapi sepakan masih melebar dari gawang PSM.

Sepakan jarang jauh Wahyudi Hamisi di menit ke-28 hampir membobol gawang PSM. Tapi Reza Arya masih mampu menepis tendangan tersebut.

Terus-menerus di tekan PSM justru menambah keunggulan melalui gol dari Yakob Sayuri di menit ke-31. Memanfaatkan umpan dari Pluim yang berhasil melewati dua pemain Borneo FC. 

Unggul dua gol, membuat kepercayaan diri para pemain PSM Makassar meningkat drastis. Terbukti mereka berhasil keluar dari tekanan.

Pada menit ke-37 PSM hampir saja memperlebar keunggulan melalui sepakan Pluim, namun masih melebar di sisi kanan dari gawang Borneo FC.

Jelang berakhirnya babak pertama, Borneo FC yang tertinggal dua gol terus mencoba menekan lini pertahanan PSM Makasar. 

Sampai peluang panjang dibunyikan tak ada lagi gol tercipta. PSM Makassar sementara unggul 2-0 atas Borneo FC di babak pertama. 

Pada babak kedua, sang kapten Wiljan Pluim sukses menyelesaikan umpan matang dari Yance Sayuri melalui sepak pojok.

Gol tersebut sekaligus menjadi gol ketiga PSM Makassar di laga kali ini.

Pertandingan masuk ke babak kedua, Borneo FC langsung mengambil inisiatif serangan. 

Tampak Stefano Lillipaly dan kawan-kawan lebih banyak menguasai bola di lini tengah permainan.

PSM Makassar mencoba membangun serangan, kokohnya pertahanan Borneo FC di babak kedua membuat mereka kesulitan menusuk hingga ke dalam kotak pinalti.

Peluang pertama di dapatkan PSM, melalui sepakan jarak jauh M Arfan di menit ke-54, sayangnya masih melambung jauh di atas gawang.

Pada menit ke-58, PSM Makassar kembali mendapatkan peluang melalui tusukan dari Yance Sayuri di sisi kiri pertahanan lawan, Namun sepakan masih berhasil dihalau dan berbuah sepak pojok.

Dari sepak pojok tersebut, Yance Sayuri berhasil mengirimkan umpan yang berhasil di sundul Pluim. Sekaligus membawa PSM unggul 3-0 atas Borneo FC. Sampai wasit membunyikan pluit panjang tanda berakhir, PSM Makassar tetap mempertahankan skor 3-0. (*/fjr/pp)

Susunan pemain PSM Makassar Vs Borneo FC:

PSM Makassar (3-5-2)
Reza Arya Pratama Putra; Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, M Arfan, Kenzo Nambu, Ananda Raehan, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Pelatih: Bernardo Tavares

Borneo FC (4-3-3)
Angga Saputra; Diego Michiels, Agung Prasetyo, Julio Cesar, Abdul Rachman; Wahyudi Setiawan Hasimi, Adam Alis, Jonathan Bustos; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri

Pelatih: PieterHuistra

Terbaik di Liga 1 2022-2023

Wasit Terbaik: Thoriq Alkatiri Rp100 Juta

Fair Play Bhayangkara FC:  Rp100 juta

Gol Terbaik: Matheus Pato Rp100 Juta

Pelatih Terbaik: Bernardo Tavares Rp150 juta

Top Skorer/Pencetak Gol Terbanyak: Matheus Pato: Rp150 Juta

Pemain Muda Terbaik: Ilham Rio Fahmi Rp 100 Juta

Pemain Terbaik: Wiljam Pluim Rp150 Juta

  • Bagikan