Ambulance Bantuan PMI Pusat Telah Dihibahkan dan Siaga di RSUD Lakipadada

  • Bagikan

Ketua PMI Cabang Tana Toraja, Victor Datuan Batara saat menyerahkan bantuan ambulance PMI Pusat kepada Bupati Theofilus Allorerung di Rujabnya, Kecamatan Makale pada April 2022 lalu. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menyiagakan satu unit ambulance di RSUD Lakipadada di Kecamatan Makale.

Ambulance yang merupakan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) pusat itu disiagakan guna mendukung pelayanan kesehatan di Tana Toraja.

Setahun sebelumnya, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menerima bantuan satu unit ambulance dari PMI Pusat melalui PMI Tana Toraja pada April 2022 silam.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr. Rudhy Andi Lolo dan mengatakan bahwa, ambulance ditempatkan di halaman parkiran RSUD Lakipadada untuk meningkatan pelayanan kesehatan.

Tidak hanya itu, ambulance juga dapat difungsikan apabila dalam situasi bencana alam.

“Dapat pula digunakan untuk kondisi darurat saat terjadi bencana alam,” ujar Rudhy, Senin (17/4/2023).

Sementara Direktur RSUD Lakipadada, dr. Farma Lelepadang mengatakan untuk memaksimalkan operasional ambulance bantuan dari PMI itu agar dilengkapi dokumen.

“Ini kan hibah, saaat diserahkan PMI tidak disertai dokumen pendukung, maka itu beberapa hari lalu saya minta kelengkapan surat suratnya dan telah diserahkan oleh PMI Tana Toraja,” ucap Farma.

PMI telah melakukan tanda tangan hibah sehingga ambulance sudah bisa dimasukkan dalam aset Pemkab Tana Toraja.

Ambulance dari PMI Pusat tersebut merupakan permintaan Bupati Theofilus kepada Jusuf Kalla (JK) saat berkunjung ke Tana Toraja meninjau PT Malea Energy di Makale Selatan. (Risna)

  • Bagikan