Napoli Tunda Pesta Scudetto di Stadion Maradona Usai Dipaksa Main Seri oleh Salernitana

  • Bagikan

Pemain Napoli saat merayakan gol. Hanya saja gagal berpesta scudetto. --ap--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MILAN-- Napoli harus bersabar. Pesta Scudetto terpaksa ditunda. Meski selangkah lagi. Yah, Napoli harus menahan dulu untuk merengkuh juara Liga Italia musim ini. Penantian panjang setelah menunggu 3 dekade atau 33 tahun lamanya.

Napoli gagal berpesta usai bermain seri 1-1 dengan Salernita pada Liga Serie A Italia 2022/2023, di Stadion Diego Armando Maradona, Minggu, 30 April 2023.

Napoli sebenarnya sudah di atas angin karena rival terdekatnya juga, yakni Lazio dihancurkan Inter Milan 3-1 satu jam sebelumnya.

Yah, Partenopei -julukan Napoli- pun harus bersabar mengangkat trofi pertama sejak 33 tahun silam.

Sekadar diketahui, Napoli mengamankan gelar ketiga klub atau yang pertama sejak 1990 atau era Diego Maradona.

Pertandingan kandang Napoli melawan Salernitana, dimajukan satu hari ke hari Minggu untuk alasan keamanan publik.

Dengan hasil seri ini,
Napoli mengoleksi 79 poin dari 32 pertandingan. Lazio di urutan kedua dengan 61 poin. Masih ada enam pertandingan tersisa yang akan dilakoninya.

Lazio yang memperoleh 61 poin dan angka maksimal yang dapat diraih musim ini yakni sebanyak 79 angka dari 6 lagi berikutnya.

Pelatih Napoli Luciano Spalletti menyatakan timnya berjuang mati-matian untuk mengalahkan Salernitana. Hanya saja, belum tercapai.

“Kami tidak ingin memastikan Scudetto tergantung pada wasit atau takdir, tetapi kepada ide sepak bola kami. Itu untuk membahagiakan mereka yang menunggu kami dengan napas tertahan selama berjam-jam di bandara atau di jalan hanya untuk melihat pelatih Napoli lewat," kata Spalletti, sebelum pertandingan.

Napoli sendiri pernah 2 kali merengkuh scudetto, yakni pada musim 1986/1987 dan 1989/1990 silam. Napoli ketika itu masih diperkuat oleh megabintang asal Argentina, Diego Armando Maradona, yang kini namanya diabadikan sebagai stadion kandang Napoli.

Pada pertandingan ini, Napoli yang menjamu Salernitana, belum mampu memecahkan kebuntuan di babak pertama.

Salernitana masih mampu menutup tiap celah dan meredam setiap serangan Napoli.

Napoli pun menutup babak pertama dengan skor imbang, tanpa gol, saat menjamu Salernitana pada pekan ke-32 Serie A Liga Italia, Ahad (30/4/2023). Padahal, kemenangan dari laga di Stadion Diego Armando Maradona itu akan mengantarkan I Partenopei memastihan raihan scudetto Serie A musim ini.

Napoli tidak mau menunggu lebih lama untuk bisa segera mencetak gol cepat ke gawang Salernitana. Dengan tempo permainan yang cukup cepat, I Partenopei mengepung pertahanan tim tamu. Namun, Napoli baru mampu mencatatkan peluang emas pertama pada menit ke-22.

Victor Osimhen mampu melepaskan sundulan yang begitu keras usai menyambut bola tepat di depan kotak penalti Salernitana. Respons cepat kiper Salernitana, Guillermo Ochoa, mampu menghalau bola tandukan keras Osimhen, yang tepat mengarah ke gawang.

Tandukan Osimhen ini menjadi salah satu dari dua tembakan tepat ke arah gawang yang dilepaskan para penggawa Napoli. Hingga pertengahan babak pertama, I Partenopei mengendalikan permainan dengan penguasaan bola hingga mencapai 78 persen.

Kendali atas permainan ini dilengkapi Napoli dengan melepaskan enam sepakan, berbanding satu yang didapatkan Salernitana. Dari aspek pertahanan, I Granata, julukan Salernitana, masih mampu menutup tiap celah dan meredam setiap serangan I Partenopei.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, Napoli kembali mendapatkan peluang emas. Andre-Franck Zambo Anguissa melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti.

Peluang Napoli itu berujung pada penyelamatan gemilang Ochoa. Kiper asal Meksiko itu menepis bola sepakan Anguissa. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, baru ada gol tercipta. Yakni pemain bertahan Napoli M. Olivera mampu melesakkan gol pada menit ke-62.

Kemenangan yang sudah di depan mata dan siap-siap berpesta buyar. Itu setelah

Pemain Salernitana, B. Dia mampu membalas gol pada menit ke-84. Sampai wasit membunyikan pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan tetap 1-1. Pesta scudetto di Stadion Diego Armando Maradona pun tertunda. (*/uce)

Susunan Pemain:

Napoli (4-3-3)

Meret (PG); Di Lorenzo, Rrahmani, Kim Min-jae, Olivera; Anguissa, Lobotka, Zielinski; Lozano, Osimhen, Kvaratskhelia.

Pelatih: Luciano Spalletti

Salernitana (3-4-2-1)

Ochoa (PG); Daniliuc, Gyomber, Pirola; Mazzocchi, Coulibaly, Vilhena, Bradaric; Candreva, Kastanos; Dia

Pelatih: Paulo Sousa.

Skor Head to Head (H2H) Napoli vs Salernitana

Napoli selalu tampil perkasa saat meladeni Salernitana.

Dari 5 pertemuan terakhir, I Partenopei mengemas hasil sempurna alias kemenangan. Jika berdasarkan skor head to head tersebut, Napoli diprediksi dapat memetik poin maksimal.

5 Hasil Pertemuan Terakhir Kedua Tim

22/01/23 Salernitana vs Napoli 0 - 2

23/01/22 Napoli vs Salernitana 4 - 1

01/11/21 Salernitana vs Napoli 0 - 1

17/08/09 Napoli vs Salernitana 3 - 0

13/11/08 Napoli vs Salernitana 3 - 1

5 Laga Terakhir Napoli

08/04/23 Lecce vs Napoli 1 - 2

13/04/23 Milan vs Napoli 1 - 0

15/04/23 Napoli vs Verona 0 - 0

19/04/23 Napoli vs Milan 1 - 1

24/04/23 Juventus vs Napoli 0 - 1

5 Laga Terakhir Salernitana

19/03/23 Salernitana vs Bologna 2 - 2

02/04/23 Spezia vs Salernitana 1 - 1

07/04/23 Salernitana vs Inter 1 - 1

16/04/23 Torino vs Salernitana 1 - 1

22/04/23 Salernitana vs Sassuolo 3 - 0. (****)

KLASEMEN SEMENTARA LIGA ITALIA

  • Bagikan