Pendaftaran Bacaleg Hari Pertama Masih Sepi, Terakhir 14 Mei Mendatang

  • Bagikan
Divisi Tekhnis, KPU Palopo, Ahmad Adiwijaya. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Senin 1 Mei 2023, mulai dibuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik. Namun, masih sepi.

Di KPU Kota Palopo, hari pertama belum menerima pengajuan bakal caleg (Bacaleg) DPRD Kota Palopo dari partai politik sebagai peserta Pileg 2024.
KPU sebelumnya mengumumkan tahapan untuk jadwal pengajuan nama-nama Bacaleg dari Parpol peserta Pemilu 2024 mulai 1 hingga 14 Mei 2024.

Divisi Tekhnis, KPU Palopo, Ahmad Adiwijaya mengatakan bahwa hari pertama dibukanya pendaftaran Bacaleg dari Parpol masih nihil. Untuk pendaftaran ini dibuka hingga jam 08.00-16.00 Wita dan di hari Ahad hingga pukul 23.00 Wita, malam.

"Untuk hari pertama ini belum ada parpol yang melakukan pengajuan. Kemungkinan hari besok (Selasa hari ini) baru ada," katanya dihubungi lewat whatsappnya, Senin, 1 Mei 2024.

Sementara, untuk Parpol peserta Pemilu telah memastikan ketersediaan Bacaleg yang akan mereka usung dalam perhelatan Pileg mendatang sebanyak 25 orang untuk 4 Dapil di Palopo.

Ketua PDI Perjuangan (PDIP) Palopo, Alfri Jamil sudah merencanakan waktu yang tepat dalam mengajukan pendaftaran. "Rencananya PDIP melaksanakan pengajuan atau pendaftaran secara serentak dari pusat hingga tingkat Kabupaten/Kota," kata Alfri Jamil.
Sementara, partai Golkar Kota Palopo sudah telah menyatakan kesiapan Bacaleg mereka 100 persen. Adapun Golkar masih diperkuat anggota DPRD mereka saat ini dan beberapa pula diantaranya wajah baru yang akan menghiasi perhelatan Pileg.

"Nama-Bacaleg partai Golkar kami sampaikan ke DPD I Sulsel. Setelah itu kita ajukan ke KPU," kata sekretaris Golkar Palopo, Taufan Rahman.
Diketahgui, dokumen surat pengajuan dan daftar bakal calon dapat diunduh pada laman https://silon.kpu.go.id.(asrul)

  • Bagikan