Bacaleg Baru Ancaman Bagi Incumbent di Pileg

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA---Perhelatan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 mendatang banyak memunculkan figur Bacaleg baru potensial.

Keberadaan mereka ini tentu menjadi ancaman bagi incumbent.

Jika melihat hasil Pileg belakangan ini, khususnya untuk tingkat DPRD Palopo dengan jumlah 25 orang selalu didominasi wajah baru. Salah satunya, hasil Pileg 2019 lebih dari 50 persen wajah baru yang menghiasi gedung parlemen.

Hal ini berpotensi terulang di 2024 mendatang. Keberadaan figur-figur baru yang muncul kali ini terbilang mumpuni dari potensi yang dimiliki baik dari segi gerakan pendekatan yang dilakukan pada masyarakat maupun kemampuan finansial.

Palopo Pos merangkum, ada beberapa nama atau figur dari Bacaleg yang tenar di kalangan masyarakat dan dinilai punya kekuatan mumpuni. Meski pula ada beberapa diantaranya sebelumnya turut menjadi peserta di perhelatan Pileg alias stok lama wajah baru yang saat ini diperhitungkan lolos ke depan.

Di Dapil 1 meliputi, Kecamatan Wara dan Wara Utara dengan kuota 7 kursi.
Nama-nama baru ini diperkuat seperti,
Awaluddin Saruman, Kamriah (Golkar),
Aldrial (Nasdem) yang merupakan pengusaha muda. Mantan ASN, Yospin Patayang, Alfri Jamil (PDIP), Buhari Suli (PKB), Marthen Paelongan (Hanura), Ansir Ismu, dan Oktovianus Rendeng (Demokrat).

Sementara Dapil 2 yakni, Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan dengan kuota 8 kursi diperkuat figur seperti, Irfan Nawir, Samil Ilyas dan Hj Idariah (Golkar), Islamuddin (Demokrat), Budiman, Rawas Sakti (PPP), Maspuddin (Nasdem), Idah Hamka (PKB), Rian Maming (Hanura) dan Muhammad Tazar (PDIP).

Untuk Dapil 3 meliputi, Kecamatan Sendana, Mungkajang dan Wara Barat dengan kuota 4 kursi turut pula beberapa figur yang menjadi ancaman bagi incumbent. Seperti, mantan ASN Palopo, Darsan Dappi, Alimuddin Nur dan Muhammad Natsir (Golkar), Yosep Pasolang (PDIP), Purn. AKBP Usman (Gerindra), Nardi (PKB), dan Darwis (Nasdem).

Selanjutnya di Dapil 4 meliputi, Kecamatan Bara dan Telluwanua dengan kuota 6 kursi. Beberapa nama yang terbilang punya potensi. Seperti, Arisyanto Sarapang (Nasdem), Bata Manurun (Demokrat), Capt.Yonerius (PDIP), Afdal Hamka, dan Kalvina (Golkar). (rul)

  • Bagikan