City Gebuk Leeds 2-1, Makin Kokoh di Puncak Klasemen

  • Bagikan

Skuat Manchester City merayakan gol Ilkay Gundogan ke gawang Leeds United, Sabtu (6/5/2023). AP

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Laju  Manchester City di Liga Inggris tak terbendung. Kembali, tim Asuhan Pep Guardiola ini berhasil membekuk lawannya, Leeds United 2-1 di pekan ke-35 Premier League 2022/2023.

Adalah, Ilkay Gundogan berhasil membawa City unggul 2-0 di babak pertama dengan dwigolnya. Leeds United hanya mampu membalas melalui gol Rodrigo di akhir babak kedua.

Pada partai ini, mesin gol City Erling Haaland tak menyumbangkan gol.

Dengan kemenangan ini, City pun makin kokoh di puncak klasemen sementara EPL dengan raihan 82 poin.

Berbanding terbalik dengan Leeds United. Ia kini tertahan di peringkat 17 dengan raihan 30 poin.

Dengan torehan kemenangan ini juga, City makin menjauhi Arsenal yang dikudeta beberapa hari lalu di puncak klasemen. Arsenal kini mengoleksi poin 78, selisih 4 poin, dengan 34 pertandingan yang telah dijalani.

Pada babak pertama, City langsung menggebrak. Berlaga di depak pendukung fanatiknya, di Etihad Stadium, City langsung tancap gas.

Hanya saja, Leeds yang bermain di bawah arahan Sam Allardyce bermain dengan solid. Mereka membuat serangan-serangan City tidak terlalu mengancam.

Peluang berbahaya pertama di laga ini baru lahir di menit ke-16 berkat tembakan Erling Haaland, namun Robles berhasil menepis tendangan keras tersebut.

Dua menit berselang, City akhirnya sukses membuka keunggulan atas tim tamu.

Ini setelah mendapatkan umpan mendatar dari Riyad Mahrez, Ilkay Gundogan melepaskan tembakan mendatar dan Robles yang sudah mati langkah tidak bisa berbuat apa-apa saat bola masuk ke gawang.

Yah, skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan City.

Tujuh menit berselang, gawang Leeds kembali bobol. Dengan skema yang relatif mirip, Gundongan melepaskan tembakan mendatar usai menerima umpan pendek dari Riyad mahrez dan bola masuk ke gawang Leeds. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Leeds bukannya tanpa peluang di laga ini. Mereka nyaris memperkecil kedudukan menjadi 2-1 andai sundulan Weston McKennie tidak ditepis oleh Ederson.

Di menit ke-31, Joel Robles membuat blunder saat menangkap bola. Julian Alvarez yang sukses mengambil bola itu melepaskan tembakan namun bola berhasil ditangkap oleh Robles.

Jual beli serangan berlanjut, namun skor 2-0 bertahan untuk keunggulan City di partai ini.

Usai jeda, Erling Haaland cs, tidak mengendorkan serangannya. Baru tiga menit berjalan, Erling Haaland nyaris mencetak gol, namun sayang tembakannya melambung di atas gawang Leeds.

Beberapa peluang Haaland tidak dapat dimaksimalkan.

Memasuki akhir pertandingan, malapetaka datang bagi Leeds setelah Struijk menjatuhkan Foden di kotak terlarang. Namun sayang, Ilkay Gundogan yang nyaris mencetak hattrick di laga ini gagal menuntaskan tugasnya dengan baik, sehingga kedudukan tetap 2-0.

Semenit pasca kegagalan penalti Gundogan, Leeds berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1. Rodrigo berhasil merebut bola dari Ake lalu masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang menghujam gawang Ederson. Skor berubah menjadi 2-1.

Kedudukan itu tak berubah usai wasit membunyikan pluit tanda pertandingan usai. (*/uce)

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Ake, Laporte, Akanji; Gundogan, Lewis; Foden, De Bruyne, Alvarez, Mahrez; Haaland

Pelatih: Pep Guardiola

Leeds United (4-2-3-1): Robles; Firpo, Wober, Nissen, Ayling; Roca, McKennie; Harrison, Forshaw, Gnonto; Bamford

Pelatih: Sam Allardyce

KLASEMEN SEMENTARA LIGA INGGRIS

  • Bagikan