Ini 4 Manfaat Minum Secangkir Kopi Sebelum Olahraga, Dahsyat Lho…

  • Bagikan

Ilustrasi penyajian minuman secangkir kopi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Tak dipungkiri, kopi adalah minuman pembangkit energi yang disukai oleh banyak orang.

Kopi mengandung kafein yang dapat membantu seseorang tetap fokus dan terjaga dalam melakukan aktivitas.

Tak jarang, orang memilih untuk menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari sebelum berolahraga karena percaya kafein bisa memberikan banyak manfaat. Benarkah demikian?

Salah satu manfaat minum kopi adalah untuk meningkatkan mood dan energi pada pagi hari. Berdasar itu, tak lengkap rasanya jika belum menyeruput secangkir kopi pada pagi hari.

Tak hanya secangkir kopi, ada juga seseorang yang memulai hari dengan olahraga pada pagi hari. Bagaimana kalau dua kebiasaan itu digabungkan? Minum secangkir kopi dan olahraga pada pagi hari.

Dilansir dari Times of India, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum olahraga bisa membuat olahraga lebih bersemangat.

Olahraga akan terasa lebih menyenangkan. Cara itu juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi ingat, kopi yang diseruput harus kopi hitam!

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, atlet yang minum secangkir kopi sebelum olahraga mampu membakar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam usai olahraga. Juga ditemukan bahwa minum kafein pada pagi hari bisa membantu membuat asupan kalori tetap terjaga sepanjang hari. Orang yang minum kafein makan 72 kalori lebih sedikit dibandingkan orang lain.

Simak 4 manfaat minum kopi pada pagi hari sebelum olahraga:

  1. Tetap Fokus

Kebanyakan orang merasa sulit untuk bangun pada pagi hari. Minum kopi meningkatkan kewaspadaan dan membantu tetap fokus saat melakukan pelbagai jenis olahraga.

  1. Kurangi Nyeri Otot

Seperti penelitian lain yang dilakukan di University of Illinois, mengonsumsi kopi mengurangi nyeri otot setelah melakukan olahraga yang intens. Ini akan membantu tubuh lebih bugar dan hasilnya optimal.

  1. Cegah Lesu

Secangkir espresso hangat pada pagi hari mengisi energi. Dan menghindari rasa lesu dan lelah setelah sesi olahraga.

  1. Lebih Konsentrasi

Kebanyakan orang tidak mengerti pentingnya tetap fokus saat berolahraga. Berkonsentrasi selama sesi olahraga sangat penting. Pertama, bisa mengurangi risiko cedera dan kedua, akan lebih mudah untuk mempertahankan bentuk tubuh yang tepat.

Lalu, Kapan waktu terbaik minum kopi sebelum berolahraga?

Dikutip dari Healthline, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa Anda harus minum kopi sekitar 45–60 menit sebelum berolahraga agar kafein dapat terserap ke dalam aliran darah dan mencapai efektivitas puncaknya.

International Society of Sports Nutrition (ISSN) telah menyimpulkan bahwa kafein adalah bantuan ergogenik yang efektif bila dikonsumsi dalam dosis 2–6 mg per kilogram berat badan. 

Karena secangkir kopi rata-rata mengandung kira-kira 100 mg kafein, meminum 1–2 cangkir (240–475 mL) 45–60 menit sebelum berolahraga akan memberi cukup kafein untuk mendukung kinerja selama berolahraga.

Dampak buruk minum kopi sebelum berolahraga Meskipun banyak manfaatnya, ternyata ada beberapa dampak buruk minum kopi sebelum berolahraga.

Selama berolahraga, tubuh akan mengalihkan darah ke kelompok otot aktif dan menjauh dari sistem pencernaan, sehingga memperlambat pencernaan. Bagi sebagian orang, hal tersebut dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan.

Untuk menghindari efek samping tersebut, cobalah minum kopi setidaknya 45–60 menit sebelum berolahraga agar tubuh Anda memiliki waktu untuk menyerapnya.

Selain itu, alternatif cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih 1-2 shot espresso, yang memiliki volume lebih sedikit tetapi lebih banyak kafein. 

Selain itu, beberapa orang mengalami sensitivitas kafein, yang dapat menyebabkan kegugupan, kecemasan, sakit perut, dan peningkatan detak jantung.

Efek lain dari konsumsi kafein berlebih adalah kesulitan tidur atau insomnia, yang dapat menghambat performa atletik seseorang.

Hal ini karena kafein membutuhkan sekitar 5 jam untuk dicerna oleh tubuh.

Untuk itu, sebaiknya berhenti mengonsumsi kafein setidaknya 6–8 jam sebelum waktu tidur. Sementara itu, dalam kasus yang sangat jarang, asupan kafein yang berlebihan (lebih dari 1.000 mg) yang dipadukan dengan olahraga berlebihan dapat menyebabkan rhabdomyolysis, suatu kondisi yang merusak otot tubuh dan dapat menyebabkan gagal ginjal. (*/jawapos/uce)

  • Bagikan