Figur Baru Ancaman Bagi Petahana

  • Bagikan

Ada Empat ASN Pensiun Dini yang Nyaleg

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Sejumlah figur baru meramaikan bursa Bakal Caleg (Bacaleg) pada Pileg 2024. Mereka akan memperebutkan 25 kursi di DPRD Palopo.

Jika melihat hasil Pileg 2019 lalu, lebih 50 persen atau 14 figur baru terpilih duduk di parlemen Palopo. Nah, siapa saja figur baru yang nyaleg di Palopo?

Penelusuran Palopo Pos, sedikitnya empat ASN pensiun dini yang meramaikan bursa Bacaleg di Palopo. Yakni Samil Ilyas, Darsan Dappi, Awaluddin Saruman, (ketiganya Golkar), dan Ansir Ismu (Demokrat).

Bacaleg baru yang akan bertarung di Dapil 1 Palopo (Kec. Wara-Wara Utara) yakni Awaluddin Saruman, dan Kamriah (Golkar). Aldy Aldrial Somalinggi (Nasdem). Yospin Patayang dan Alfri Jamil (PDIP). Buhari Suli (PKB). Marthen Paelongan (Hanura). Ansir Ismu dan Oktovianus Rendeng (Demokrat).

Sementara Dapil 2 Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan dengan kuota 8 kursi diramaikan Irfan Nawir, Samil Ilyas, dan Hj Idariah (Golkar). Islamuddin (Demokrat). Budiman dan Rawas Sakti (PPP). Idah Hamka dan Suparni Sampetan (PKB). Rian Maming (Hanura). Darsuni Dwi Putra (PAN). Dan Muhammad Tazar (PDIP).

Untuk Dapil 3 Kecamatan Sendana, Mungkajang dan Wara Barat dengan kuota 4 kursi ada ASN yang pensiun dini Darsan Dappi, Alimuddin Nur, dan Muhammad Nasir (Golkar). Yosep Pasolang (PDIP). Purn. AKBP Usman (Gerindra). Nardi (PKB), dan Darwis (Nasdem).

Selanjutnya Dapil 4 Kecamatan Bara dan Telluwanua dengan kuota 6 kursi terdiri Arisyanto Sarapang (Nasdem). Bata Manurun (Demokrat). Taming Somba (Gerindra). Samsul Alam (PKB). Andi Syahrianto (PPP). Capt. Yonerius alias Bang Yos (PDIP). Afdal Hamka dan Kalvina Veronica (Golkar).

Sekretaris Partai Golkar Palopo, Taufan Rahman yang dikonfirmasi Palopo Pos, (5/5) lalu, mengatakan bahwa Partai Golkar dalam Pileg mendatang tidak hanya sekedar mempertahankan hasil seperti 2019 lalu dengan capaian 5 kursi sebagai pemenang pertama. Melainkan Golkar menargetkan lebih dari itu untuk 9 kursi.

"Golkar tidak hanya sekadar mengusung Bacaleg. Tentu ada target yang ingin dicapai. Bagaimana tiap Dapil ini Golkar bisa meraih kursi dengan kedalaman Bacaleg yang disiapkan," katanya.

Sementara Ketua PPP Palopo, Haidir Basir mengaku keberadaan Bacaleg PPP saat ini sudah siap. Adapun PPP memperioritaskan kemenangan mereka tiap Dapil. PPP tentunya masih menjagokan dua wakil mereka yang duduk di DPRD saat ini. Tetapi, bagi PPP hal itu belum cukup dan menginginkan lebih dari itu.

"Mengenai Pileg, PPP memiliki target perolehan kursi tiap Dapil seiring bertambahnya Dapil dari tiga menjadi empat. Kita optimis perolehan kursi 2024 mendatang mengalami peningkatan di banding Pemilu 2019. Makanya kita menyiapkan kader yang memiliki potensi untuk mewujudkan hal itu," kata Haidir.

Sekretaris Demokrat Palopo, Islamuddin juga telah memastikan komposisi Bacaleg mereka. Adapun Partai Demokrat siap mengajukan para pemain mereka. "Kami masih menunggu petunjuk DPD Sulsel mengenai waktu untuk mengajukan ke KPU," katanya. (rul/ikh)

Klasifikasi Bacaleg Palopo

  • ASN Pensiun Dini
    Samil Ilyas, Darsan Dappi, Awaluddin Saruman (Golkar), Ansir Ismu (Demokrat).
  • Murni Figur Baru
    Kamriah, Afdal Hamka, Kalvina Veronica (Golkar), Aldy Aldrial Somalinggi, Darwis (Nasdem), Yospin Patayang, Yosep Pasolang, Muhammad Tazar (PDIP), Buhari Suli (PKB), Idah Hamka, Nardi, Suparni Sampetan (PKB), Rian Maming (Hanura), Darsuni Dwi Putra (PAN), Purn. AKBP Usman (Gerindra), Andi Syahrianto (PPP).
  • Mantan Anggota DPRD
    Alfri Jamil (PDIP), Marthen Paelongan (Hanura), Oktovianus Rendeng, Islamuddin (Demokrat), Hj Idariah, Alimuddin Nur, Muhammad Nasir (Golkar), Taming Somba (Gerindra), Budiman ST (PPP).
  • Pernah Caleg
    Irfan Nawir (Golkar), Rawas Sakti (PPP), Arisyanto Sarapang (Nasdem), Bata Manurun (Demokrat). Samsul Alam (PKB), Capt. Yonerius alias Bang Yos (PDIP).
  • Data Diolah dari Berbagai Sumber. (*)
  • Bagikan