YM Datu dan Andi Hatta Daftarkan Diri ke KPU

  • Bagikan
DAFTAR DPD SULSEL. Perwakilan YM Datu Luwu, Ir Jamaluddin Nawir mewakili Yang Mulia (YM) Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau mendaftar sebagai calon anggota DPD RI 2024 2029 Daerah Pemilihan Sulsel di KPU Sulsel, Sabtu, 13 Mei 2023. IST

Bersaing jadi Senator Asal Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Yang Mulia (YM) Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau resmi mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2024 2029 Daerah Pemilihan Sulsel di KPU Sulsel, Sabtu, 13 Mei 2023.

"YM Datu Luwu merupakan pendaftar ke-17 dari 18 balon DPD Sulsel yang dinyatakan lolos verifikasi faktual, " kata Ir Jamaluddin Nawir MM selaku Ketua Tim Datu Luwu kepada Palopo Pos melalui WA, Sabtu petang.

Pendaftaran Datu Luwu diwakili oleh Ir Jamaluddin Nawir MM dan para LO Datu Luwu Tingkat Provinsi Sulael, dan 22 kab./kota masing-masing dua orang LO. YM Datu Luwu diwakili karena berhalangan hadir sebab ada kegiatan yang bersamaan yang tidak kalah pentingnya.
YM Datu Luwu hanya melakukan teleconference dari kediamannya di Jakarta.

"Saya diwakili mendaftar ke KPU karena masih dalam tahap pemulihan kesehatan. Mudah-mudahan semua ini berjalan lancar," kata Datu Luwu melalui teleconference yang disaksikan komisioner KPU Sulsel.

Sesuai undang-undang bahwa calon yang tak dapat hadir, dapat diwakili/ dikuasakan dan melakukan teleconference.
"Permohonan maaf dari ketua tim dan YM Datu dari Jakarta atas ketidakhadirannya," kata Jamaluddn.

YM Datu Luwu juga menyampaikan kesediaannya maju, karena ingin mengangkat lebih dan pengembangan budaya dan masyarakat Wija To Luwu lebih sejahtera.

"Beliau pun berterima kasih kepada para Bupati dan Wali Kota se Sulsel, masyarakat Sulsel yang telah mempercayakan saya untuk menjadi balon DPD RI, karena beliau-beliaulah dan masyarakat Sulsel sehingga dapat menjadi anggota DPD RI 2024 - 2029. Amin. Wassalamu alaikum. Saya YM Datu Luwu," kata Jamaluddin kepada Palopo Pos melalui pesan WA.

Andi Hatta Mendaftar
Sementara itu, Sabtu 13 Mei 2023, pekan lalu, didampingi keluarga, Tim dan LO-nya, Andi Hatta Marakarma resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di KPU Sulawesi Selatan.

Andi Hatta diterima langsung oleh Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya dan beberapa Komisioner lainnya.
Pada kesempatan itu, Andi Hatta menyampaikan motivasinya untuk maju sebagai Calon Anggota DPD RI. “Alhamdulillah berkat dorongan dari Keluarga, Tim dan terutama Masyarakat, saya memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel ini.

Berbekal pengalamannya selama dua periode sebagai Bupati di Kabupaten Luwu Timur dan satu Periode di DPRD Sulsel, Andi Hatta meyakini dirinya siap untuk mengawal kepentingan masyarakat sebagai senator ditingkat Pusat.
“Insya Allah berbekal pengalaman yang saya miliki, saya siap untuk menjadi wakil rakyat untuk memajukan daerah khsusnya di Sulawesi Selatan,” ucap Politisi Golkar ini.

Dikesempatan itu, Andi Hatta juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada warga Sulsel yang memberikan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai salah satu syarat Administrasi mendaftar sebagai Calon Anggota DPD RI.

“Juga keluarga, Tim, dan LO yang begitu luar biasa bekerja dalam menggalang dukungan untuk saya mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI,” tutur Andi Hatta.

“Kepada Ketua dan Komisioner KPU juga kami ucapkan terimakasih atas pelayanan yang luar biasa,” ujarnya.
Diketahui, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI juga memikili fungsi yang sama dengan DPR, seperti Dungsi Pengawasan, Legislasi. Selain itu DPD RI juga memiliki tugas dan wewenang mengusulkan Rancangan Undang Undang yang berkaitan dengan Otonomo Daerah serta hubungan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (idr)

  • Bagikan