HB Bertemu Danny Pomanto, Dua Sahabat Diskusi Kondisi Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR--Ketua PPP Palopo, H Haidir Basir (HB) melakukan pertemuan dengan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto di kediaman Pomanto, Jl. Amrullah, Makassar.Sabtu, 3 Juni 2023.

Dua sahabat tersebut diskusi soal kondisi dan eksistensi Kota Palopo yang diidamkan masyarakat.

"Silaturrahmi sebagai dua orang sahabat," terang HB yang dihubungi Palopo Pos, Ahad, 4 Juni 2023, terkait pertemuannya dengan Pomanto.

Pada pertemuan itu, lanjut HB, ia dan Pomanto sharing-sharing tentang peningkatan kapasitas pembangunan Kota Palopo ke depan, agar arah kebijakan pembangunan konsisten dengan kondisi dan eksistensi Kota Palopo yang diidamkan masyarakat Palopo secara keseluruhan,.

Yang dimaksud dengan konsisten adalah mengacu pada rencana tata ruang kota yang telah dibuat sebagai patron untuk peletakan rencana pembangunan dalam struktur dan ruang yang tersedia.

Salah satu pokok pembicaraan adalah Water Front City. HB, meminta advice dari Dani Pomanto sebagai pembuat lisensi gagasan dan beliau sangat merespon baik.

” Kami telah sepakat bersama untuk memajukan Kota Palopo sebagai pusat pengembangan Teluk Bone menjadi kawasan strategis pengembangan kemaritiman dan menjadikan Palopo sebagai The Capital of The Bone Bay Area,” ujar HB dikutip Karebanews. Com.

Diketahui bersama jika di era kepemimpinan Andi Tenriadjeng, HB dipercaya menjabat sebagai asisten pemerintahan yang membidangi pembangunan, dan meletakkan dasar-dasar pembangunan kawasan pesisir, mengkoneksivitaskan Kawasan Industri Palopo (KIP) dengan Pelabuhan Tanjung Ringgit dan Terminal Regional serta bandara, melalui perencanaan jalan lingkar sepanjang 20 Km. Tapi sayangnya, rencana ini tidak berlanjut di era pemerintahan Walikota Palopo Judas Amir.

” Kita juga mendiskusikan, bahwa Kota Palopo sebagai kota berperadaban sangat potensi dikembangkan sebagai kota yang merujuk pada masyarakat yang tingkat Kompleksitasnya cukup tinggi, dengan latar belakang yang memiliki hirarki sejarah budaya manusia seperti La Galigo dan Sawerigading yang telah mendunia,” tutur ayah HB.

Tidak hanya itu, juga disinggung, akan pentingnya kota baru sebagai Sustainability dan Epicentrum layanan sosial ekonomi dan pemerintahan yang tumbuh dari aktifitas perkotaan yang mulai tak terbendung akibat kebutuhan dan fasilitas serta utilitas kota yg masih minim. Selama ini hanya lah memoles kota tua yang mulai repot dan keriput.

Dari hasil pertemuan dan diskusi tersebut, Danny Pomanto bersedia dan siap membantu sepenuh hati untuk memajukan Kota Palopo. (ikh)

  • Bagikan