Mengerikan! Tabrakan Antar Kereta di India Tewaskan 288 Penumpang

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID INDIA -- Kecelakaan kereta di India yang menyebabkan lebih dari 288 korban tewas dan 803 orang mengalami luka-luka menjadi tragedi terparah di negara tersebut sejak 2016.
Kecelakaan kereta yang terjadi pada Jumat (2/6) di Kota Balasore, negara bagian Odisha ini terjadi antara dua kereta penumpang dan satu kereta barang.


Kecelakaan bermula usai satu kereta penumpang bertabrakan dengan gerbong kereta penumpang yang telah tergelincir dan terlempar ke jalur yang berlawanan.


Kereta 12841 Coromandel Express yang beroperasi antara Shalimar dan Chennai tergelincir dan ditabrakan oleh kereta lain yang beroperasi dari arah Yesvantpur dan Howrah. Kemudian, kecelakaan diperparah dengan tabrakan dari kereta barang.


Rekaman video dan foto-foto kecelakaan menunjukkan betapa mengerikannya insiden tersebut.
Puluhan mayat tampak tergeletak di samping gerbong kereta yang hancur, sementara para petugas kepolisian dan orang-orang yang selamat berdiri di sekitarnya.


Barang-barang pribadi penumpang terlihat berserakan di dalam gerbong dan jendela-jendela yang telah hancur, menumpahkan serpihan kaca dan logam ke lantai.


Hingga Sabtu (3/6), sedikitnya 288 orang telah dikonfirmasi tewas dan lebih dari 803 orang terluka karena tabrakan antara tiga kereta ini.


Namun menurut tim penyelamat, jumlah korban tewas dapat terus bertambah, karena banyak orang yang terjebak di bawah gerbong yang terbalik.


"Kami tidak terlalu berharap dapat menyelamatkan siapa pun yang masih hidup," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Odisha, Sudhanshu Sarangi, kepada saluran berita lokal NDTV.


Penyebab kecelakaan sendiri masih belum jelas, tetapi Menteri Perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw, mengatakan "penyelidikan tingkat tinggi" telah diperintahkan untuk mengungkap penyebab tabrakan.
Atas insiden ini, Perdana Menteri Narendra Modi dan Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw menjanjikan kompensasi ex-gratia atau santunan untuk para korban.(int/idr)

  • Bagikan