Banyak Etnis Toraja Ramaikan Pileg

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Palopo terkenal sebagai Indonesia mini. Hampir semua etnis ada di sini dan hidup rukun di tengah masyarakat. Bahkan, sejumlah etnis Toraja telah duduk sebagai anggota DPRD di kota ini.

Sebut saja, Lupita Dengen, Robert alias Coi, Angga Bantu, Efendi Sarapang, dan lainnya.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang, cukup banyak etnis Toraja yang meramaikan bursa Bakal Caleg (Bacaleg) Kota Palopo.

''Banyak, tapi banyak pi (masih banyak) juga tidak kutahu,'' kata Humas Perkumpulan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Kota Palopo, Gibion Lomo yang dihubungi Palopo Pos, Senin, 12 Juni 2023 kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Bung Gibb, informasi sementara etnis Toraja yang maju Bacaleg di Palopo seperti Aldhy Aldrial Rivaldhy Somalinggi (Dapil 1 Wara-Wara Utara), Lupita Dengen (Dapil 1), Arisyanto di Dapil 4 Bara-Telluwanua, ketiganya Bacaleg Nasdem.

Di PDIP, ada Angga Bantu, Rudy Bagi, Anggu Tanggulungan, Yospina Patayang
, (keempatnya maju di Dapil 1). Lalu Marnitha Tipa di Dapil 4, Yorenius (Bang Yos) Dapil 4, dan lainnya.

Ada juga di Golkar. Seperti Elizabeth Rosmingsih (Dapil 3), Kalvina Veronika (Dapil 4). Robert alias Coi (Demokrat Dapil 1), Robert Walalangi di Dapil 3 Demokrat, dan lainnya.

Disinggung jumlah penduduk etnis Toraja di Palopo, Bung Gibb menyebut kisaran 25-30 persen. Ada yang beragama Islam, Kristen, dan ada juga yang kawin-mawin dengan orang Budha, Hindu, dan Kongfutse.

Berdasarkan data Buku Palopo Dalam Angka yang dirilis BPS pada Februari 2023, jumlah penduduk Palopo tahun 2022 sebanyak 190.870 jiwa. Jika dikalkulasi 25-30 persen dari jumlah tersebut, mendapat angka 47.717 - 57.261 jiwa etnis Toraja di Palopo. (rul/ikh)

  • Bagikan