Sheikh Jassim Disebut Resmi Jadi Pemilik Manchester United!

  • Bagikan
Sheikh Jassim akuisisi Manchester United--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Klub raksasa Inggris, Manchester United, berpindah kepemilikan lagi. Pengusaha Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dikabarkan resmi mengakuisisi Manchester United, demikian menurut laporan beberapa media Arab.

Sheikh Jassim merupakan penawar ke 5 untuk jadi pemilik klub Liga Arab itu. Dia mengalahkan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe.

Sir Jim Ratcliffe adalah kepala grup Ineos dan pendukung setia Man Utd. Sejak kecil dia bercita-cita untuk memperoleh sekitar 60 persen kepemilikan klub.

Sementara Sheikh Jassim yang merupakan Ketua Qatar Islamic Bank ini, mengajukan tawaran kelima dan terakhir yang 'sangat besar' untuk menyelesaikan pengambilalihan penuh United dari pemiliknya saat ini, keluarga Glazer.

Tawaran Sheikh Jassim sekitar $6,5 miliar (£5,2 miliar), dengan usulan $1 miliar (sekitar £800 juta) untuk investasi di atas itu.

Sumber Nine Two Foundation juga mengklaim tawaran itu dengan 'premi yang sangat besar' pada harga saham klub saat ini.

Sumber mengungkapkan bahwa pemilik Man Utd saat ini, the Glazers, telah memilih tawaran Sheikh Jassim sebagai opsi pilihan mereka, menurut surat kabar Al-Watan.

Al-Watan selanjutnya mengumumkan di Twitter bahwa tawaran pengambilalihan itu "sukses", dengan pengumuman resmi diharapkan segera.

Zaid Al-Hamdan, yang merupakan Wakil Ketua Dewan Bisnis Qatari Kanada dan Ketua Grup Armasite, mengucapkan selamat kepada Sheikh Jassim.

"Untuk menjelaskan - alasan harga saham adalah ukuran kemungkinan yang dirasakan kemenangan qatar, apakah tawaran Jassim adalah untuk 100% saham dan akan dibayarkan pada saham yang terdaftar dengan harga pengambilalihan," tulisnya di twitter.

"Ineos bid diyakini terfokus pada saham glazer saja, saham yang tercatat tidak akan langsung diuntungkan," katanya.

Jika laporan ini benar, maka penjualan ini akan menjadi penjualan rekor dunia untuk sebuah klub olahraga.

Sebelumnya, Todd Boehly dan konsorsium penawarnya membeli Chelsea seharga £4,25 miliar pada Februari tahun lalu.

Seperti disebutkan di atas, United kemungkinan akan mendapatkan pot transfer yang besar jika terjadi pengambilalihan.

Erik ten Hag, sementara itu, baru-baru ini ditanya apakah dia tahu berapa banyak yang harus dia keluarkan untuk pemain musim panas ini.

"Tidak, saya tidak punya pengaruh untuk itu, saya tidak punya dan juga saya tidak tahu," katanya.

"Klub harus bersaing untuk yang tertinggi di dunia – Liga Champions dan Liga Premier.
Tapi dalam sepak bola, klub membutuhkan dana untuk membangun skuat karena, pada akhirnya, level pemain menentukan apakah sukses atau tidak.

“Semua orang tahu Anda membutuhkan dana untuk membangun skuat dan pemain level tinggi menghabiskan banyak uang. Itulah situasi saat ini di sepakbola papan atas." Kata Erik ten Hag.

“Saya pikir sudah jelas apa yang saya inginkan, tetapi itu tidak terserah saya. Ini tentang orang lain di klub ini. Keluarga adalah pemiliknya, mereka yang membuat keputusan, dan itu tidak tergantung pada saya. Saya melakukan semua yang saya bisa dan saya memengaruhi proses yang saya tangani.” (*/fin/pp)

  • Bagikan