Diresmikan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Obednego: Perpustakaan Adalah Pintu Gerbang Ilmu Pengetahuan

  • Bagikan

Obednego Toding, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Toraja Utara saat menyampaikan sambutannya. Kamis ,15 Juni 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Perpustakaan Kabupaten Toraja Utara, hari ini diresmikan oleh Muh. Syarif Bando Kepala Perpustakaan Nasional.

Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Rantepao, Kamis 15 Juni 2023 .

Peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Toraja Utara dan peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Toraja Utara Tema " peningkatan indeks literasi masyarakat untuk mewujudkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Salvius Pasang usai acara peresmian gedung perpustakaan kepada para awak media mengatakan, Gedung Perpustakaan yang megah, yang diresmikan hari ini, bisa digunakan semaksimal mungkin. Sehingga berdampak pada sumber daya manusia melalui literasi telah dimulai hari ini.

''Mudah-mudahan berapa tahun kemudian bisa terjadi perubahan yang signifikan di Kabupaten Toraja Utara,'' katanya.

Ini tentunya melalui proses membaca kemudian menulis, mendengar, kemudian inovatif, kreatif hingga muncul inovatif -inovatif baru di Kabupaten Toraja Utara.

Yakni, merubah Kabupaten Toraja Utara dari yang konsumtif menjadi produktif.

''Dan, kita berharap Toraja Utara bisa memanfaatkan gedung yang megah ini dan juga fasilitasnya. Kita juga berharap kepada pemerintah pusat melanjutkan bantuan kepada Kabupaten Toraja Utara untuk melengkapi seluruh fasilitas yang ada di perpustakaan sehingga masyarakat Toraja Utara semakin mudah dan sempurna. Bisa melaksanakan literasi dan bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," pungkasnya.

Sementara Obednego Toding Kepala Perpustakaan Kabupaten Toraja Utara dalam sambutannya mengatakan, selaku panitia menyampaikan terkait kegiatan pelaksanaan peresmian perpustakaan Kabupaten Toraja Utara.

Menurutnya, anggarannya bersumber dari dana bantuan alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2022 dari Perpustakaan Nasional RI .

"Latar belakang keberadaan Perpustakaan ini tidak dapat dipisahkan dari peradaban dan budaya umat manusia. Tinggi rendahnya peradaban dan budaya suatu bangsa dapat di lihat dari kondisi perpustakaan yang dimiliki, oleh karena itu untuk meningkatkan wawasan pengaduan yang luas warga negara suatu bangsa hendaknya dapat memanfaatkan kehadiran perpustakaan sebagai sarana pendidikan sepanjang hayat dimana perpustakaan adalah pintu gerbang ilmu pengetahuan," jelas Kepala Perpustakaan Kabupaten Toraja Utara ini.

Perpustakaan Kabupaten Toraja Utara tersebut diresmikan oleh Muhammad Syarif Bando Kepala Perpustakaan Nasional RI didampingi Deputi Perpustakaan Nasional RI dan jajarannya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Ketua PKK Kabupaten Toraja Utara, Kepala Perpustakaan Kabupaten Tana Toraja, Wakapolres Toraja Utara ,Kepala Bank Sulselbar, Para Guru dan Siswa-siswi dari SMA Negeri 2 Toraja Utara,penggiat Literasi,Arsyad Parende Ketua Literasi Toraja didampingi Sekretaris dan Pengurus lainnya.(Albert tinus)

  • Bagikan